tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jokowi Pimpin Persiapan Ramadan dan Idulfitri 1445 H, Stabilitas Harga Pangan dan Kesiapan Mudik Jadi Prioritas

Presiden Joko Widodo
PRAKATA.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), memandu Sidang Kabinet Paripurna (SKP) yang berfokus pada persiapan untuk bulan Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah di Istana Negara, Jakarta, Pada Senin (26/02/2024).

Presiden Jokowi menekankan pentingnya menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan, serta mempercepat distribusi bantuan sosial, untuk mendukung kehidupan masyarakat selama bulan suci dan hari raya.

Ia menginstruksikan semua kementerian dan lembaga terkait untuk waspada dan memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan khusuk. Dia menekankan pentingnya menjaga persediaan dan stabilitas harga pangan, khususnya bahan pokok, dan percepatan distribusi paket perlindungan sosial dan jaminan sosial.

Selain itu, Jokowi juga meminta kementerian terkait untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan moda transportasi untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.

Dirinya juga membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP), Kerangka Ekonomi Makro (KEM), dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) Tahun 2025 dalam SKP. Dia menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan pembangunan dalam penyusunan RKP dan kebijakan fiskal tersebut.

Selanjutnya, Jokowi juga menekankan pentingnya mempersiapkan Kerangka Ekonomi Makro Tahun 2025 dengan mempertimbangkan situasi dan risiko ketidakpastian ekonomi global saat ini.

Presiden menambahkan, penyusunan kebijakan fiskal juga harus mendukung keberlanjutan transformasi ekonomi yang tengah dilakukan di tanah air. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News