tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Penguatan Keamanan dan Ketertiban, Banyuwangi Sambut Baik Pendirian Sub Kogartap III/Surabaya

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Brigjen TNI Agung Trisnanto di Banyuwangi, jawa Timur.

Prakata.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, merespon positif pendirian Sub Komando Garnisun Tetap (Kogartap) III/Surabaya di wilayahnya, yang dipandang dapat memperkuat stabilitas daerah.

“Kami percaya bahwa keberadaan unit TNI Kogartap di Banyuwangi akan meningkatkan ketertiban dan keamanan daerah,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Jawa Timur, pada hari Selasa (21/5/2024).

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Brigjen TNI Agung Trisnanto untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Pemerintah Kabupaten sendiri memerlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk membangun daerah bersama-sama.

“Ini adalah peluang yang sangat baik bagi kami, kami berharap kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan TNI di masa depan semakin kuat dan solid,” ucap Ipuk.

Kehadiran kantor Garnisun TNI ini bertujuan untuk meningkatkan soliditas unit TNI di lingkungan Kogartap III Surabaya dan sekaligus mendukung stabilitas wilayah Banyuwangi.

Kogartap III/Surabaya adalah salah satu unit di bawah Mabes TNI yang memiliki tugas utama sebagai penegak hukum, penjaga ketertiban dan disiplin prajurit TNI (TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara) di wilayah Jawa Timur.

Kantor tersebut berada di Jl Adi Sucipto Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi. Kantor ini juga berfungsi sebagai kantor operasional yang dijalankan oleh 41 personel TNI.

Sebelumnya, pendirian kantor tersebut ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian pinjam pakai tanah dan gedung milik Pemkab Banyuwangi, antara Markas Besar (Mabes) TNI Komando Garnisun Tetap III Surabaya dan Pemkab Banyuwangi.

Penandatanganan tersebut dilakukan bersama Kepala Staf Komando Garnisun Tetap III/Surabaya Brigjen TNI (Mar) Agung Trisnanto dan Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono, di Banyuwangi, pada 29 April 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Banyuwangi terhadap pendirian kantor Sub Kogartap III di Banyuwangi. Banyuwangi adalah daerah ke-11 yang mendirikan Sub Kogartap III di Jawa Timur,” kata Brigjen Agung.

Ia menjelaskan bahwa salah satu tujuan pendirian Sub Kogartap adalah untuk menjaga ketentuan pokok kemiliteran guna meningkatkan soliditas unit-unit di lingkungan Kogartap III Surabaya.

Selain itu, khususnya di Banyuwangi karena daerah ini telah memiliki minimal dua matra TNI, sebagai salah satu syarat pendiriannya. Di Banyuwangi terdapat dua matra TNI yaitu darat dan laut.

“Kami siap membantu pemerintah kabupaten di luar tugas pokok Garnisun. Kami bisa bekerja sama untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta mendukung program pemerintah daerah lainnya,” kata Brigjen Agung. (Jiz)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel