tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Laporkan Muin ke Bawaslu soal Pergeseran Suara, Alex: Ini Menyangkut Harga Diri

Caleg PAN Lukman Hakim alias Alex Ziblo usai melaporkan Abdul Muin Hafied ke Bawaslu Kota Bekasi, Senin (13/5/2024).
Prakata.com - Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bekasi dari Bekasi Utara, Lukman Hakim alias Alex Ziblo laporkan kader PAN lainnya Abdul Muin Hafied ke Badan Pengawas Pemilu (Bapilu) Kota Bekasi, hari ini, Senin (13/5/2024).

Alex mengaku dizolimi dengan adanya pergeseran suara miliknya yang diduga beralih ke Abdul Muin Hafied pada Daerah Pemilihan (Dapil) Bekasi Utara dan Medansatria.

"Melaporkan ada penggelembungan suara oleh Abdul Muin Hafied. Ini menyangkut harga diri, harkat dan martabat saya diinjak-injak," kata Alex saat ditemui di Kantor Bawaslu Kota Bekasi.

Dari penelusuran timnya, Alex mensinyalir adanya pergeseran suara terjadi di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ia perkiraan pergeseran 118 suara terjadi di sedikitnya 70 TPS di dapilnya, sehingga menimbulkan selisih antara 30 sampai 40 suara.

Motif penggelembungan suara tersebut, lanjutnya dilakukan dengan mengalihkan suara miliknya ke Caleg lain dalam internal PAN sendiri.

"Contohnya begini, jadi jumlah suara di bawah misalnya lima, itu suara saya dialihkan, ada aliran suara ke Muin atau ke yang lain, tapi jumlah total tetap lima," jelas Alex menerangkan indikasi kecurangan.

Memandang ke depan, Alex berharap DPP PAN mendiskualifikasi Abdul Muin Hafied dari Pileg 2024. Apalagi yang membuatnya kesal adalah indikasi penggelembungan suara yang dimainkan, bahkan di dalam internal PAN sendiri.

"Memang kalo bisa DPP, saya minta biar didis (diskualifikasi) saja nggak usah PAW (Pemberhentian Antar Waktu)," ujarnya.

Hingga saat ini, tambahnya, belum ada komunikasi yang dilakukan antara pihaknya dengan Muin. Bahkan dalam pertemuan saat Halal Bihalal PAN pun, semua berlangsung seolah-olah tidak ada masalah.

"Memang lagi saya liatin saja, kemarin di halal bihalal pun mereka biasa saja. Kalau memang tidak ada kejelasan ya nanti kita geruduk saja. Memang sekarang ini saya lagi pelajari, sedang saya pur dia sekarang ini. Ini bukan lagi dizolimi, ini sudah diinjak-injak," ucap Alex. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel