tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Siapkan Serangkaian Acara Budaya

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana.
Prakata.com - Menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta tengah merencanakan serangkaian acara budaya. Salah satu agenda yang dipersiapkan adalah haul yang akan diselenggarakan di Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Kami berencana mengadakan haul di Museum Bahari yang berkaitan dengan Kesultanan Cirebon. InsyaAllah, acara tersebut akan berlangsung di lokasi tersebut,” ujar Iwan Henry Wardhana, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Iwan juga menambahkan, dalam rangka menyambut Idul Fitri 2024, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggelar acara halal bihalal.

Iwan menegaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta selalu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di setiap wilayah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga bekerja sama dengan tim yang berwenang, termasuk wali kota di setiap wilayah administratif dan suku dinas kebudayaan terkait.

“Kami memiliki banyak kegiatan terkait agama saat perayaan Idul Fitri. Tim kami sudah siap,” ungkap Iwan.

Iwan juga mengingatkan bahwa pada Ramadhan 1444 Hijriah lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengadakan berbagai kegiatan budaya Betawi. Beberapa di antaranya adalah tradisi “Nyorog”, yaitu membagikan bingkisan kepada keluarga, “Mandi Merang”, yaitu ritual mandi dan membersihkan diri dalam rangka menyambut Ramadhan, dan “Munggahan”, yaitu berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk makan bersama, saling memaafkan, dan berdoa bersama.

“Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan bagian dari budaya Betawi yang kami lestarikan. Saat Idul Fitri, seperti biasa, kami akan melakukan silaturahmi, memberikan bingkisan, dan mengadakan halal bihalal antar individu dan keluarga yang lebih tua. Itulah yang kami lakukan,” pungkas Iwan. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel