tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Empat Menteri Hadir di Sidang Mahkamah Konstitusi, Jadi Saksi Perselisihan Hasil Pemilu 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat tiba di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4/2024).
Prakata.com - Empat menteri dari Kabinet Indonesia Maju telah tampil di Mahkamah Konstitusi di pusat kota Jakarta untuk memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan kasus Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pada hari Jumat (5/4/2024).

Keempat menteri yang dijadwalkan untuk memberikan kesaksian adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dan Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, yang akrab disapa Risma, tiba pertama kali pada pukul 07.24 WIB. Dia mengenakan baju batik berwarna cokelat dan kuning. Dia tidak memberikan komentar kepada media dan langsung masuk ke Gedung I MK.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, tiba selanjutnya pada pukul 07.28 WIB. Dia mengenakan jas hitam, kemeja putih, dan dasi hitam. Ketika ditanya oleh media tentang persiapan yang telah dilakukan, dia hanya menjawab singkat, “Alhamdulillah.”

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, tiba di Gedung I MK pada pukul 07.30 WIB. Dia mengenakan blus hitam dengan aksen batik. Mengenai persiapan untuk sidang, dia mengatakan untuk menunggu di dalam ruang sidang. “Alhamdulillah, nanti lihat di dalam (ruang sidang), ya,” kata dia.

Menteri terakhir yang tiba adalah Menko PMK, Muhadjir Effendy, yang tiba pada pukul 07.50 WIB. Dia mengenakan jas hitam, kemeja putih, dan peci hitam. Dia hanya melambaikan tangan dan tidak menjawab pertanyaan dari media.

Sementara itu, tim hukum dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md telah tiba di MK sejak pukul 07.00 WIB. Beberapa anggota tim hukum yang hadir antara lain Yusril Ihza Mahendra, Hotman Paris Hutapea, dan OC Kaligis untuk tim Anies-Muhaimin, dan Todung Mulya Lubis, Henry Yosodiningrat, Maqdir Ismail, dan Ronny Talapessy untuk tim Ganjar-Mahfud.

MK telah menjadwalkan pemanggilan empat menteri dari Kabinet Indonesia Maju untuk memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan PHPU Pilpres 2024 pada hari Jumat. Selain keempat menteri tersebut, MK juga telah menjadwalkan pemanggilan untuk DKPP.

Ketua MK, Suhartoyo, menegaskan bahwa pemanggilan lima pihak ini bukanlah bentuk akomodasi permohonan dari kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, melainkan merupakan keputusan independen yang diambil oleh Hakim Konstitusi. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel