tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Qatar Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2025 dan 2029 Putra, Maroko Kategori Putri

Tim Nasional Qatar 2023.
PRAKATA.COM - Menurut laporan AFP yang dikutip oleh FIFA, Qatar telah ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 putra untuk tahun 2025 dan 2029. Sementara itu, Maroko akan menjadi tuan rumah untuk turnamen yang sama untuk kategori putri.

FIFA telah mengumumkan pada Desember tahun lalu bahwa kedua turnamen junior tersebut akan diadakan setiap tahun mulai dari tahun depan. Jumlah peserta juga akan ditingkatkan dari 24 menjadi 48 tim untuk kategori putra, dan dari 16 menjadi 24 tim untuk kategori putri.

Keputusan FIFA untuk memilih satu negara sebagai tuan rumah beberapa edisi Piala Dunia didasarkan pada kemampuan negara tersebut untuk memanfaatkan infrastruktur sepak bola yang ada demi efisiensi dan keberlanjutan turnamen.

Qatar, yang telah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dan akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 menggantikan China, kembali dipilih. Sementara itu, Maroko, yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama Spanyol dan Portugal, juga dipilih. Tiga pertandingan akan dimainkan di Amerika Selatan untuk merayakan ulang tahun ke-100 turnamen FIFA.

Baik Qatar maupun Maroko telah berpengalaman dalam menyelenggarakan Piala Dunia Antarklub. Maroko juga akan menjadi tuan rumah Piala Afrika 2025.

Perluasan Piala Dunia U-17 ini mencerminkan tren yang sedang berlangsung di FIFA, di mana Piala Dunia 2026 juga akan diperluas dengan 48 tim. Pada Piala Dunia Putri tahun lalu di Australia dan Selandia Baru, jumlah peserta telah ditingkatkan dari 24 menjadi 32 tim. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News