tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Terminal Purwodadi Mulai Berfungsi sebagai Pusat Angkutan Umum Selatan Purworejo


PRAKATA.COM - Sejak Jumat (2/2/2024), Terminal Penumpang Purwodadi, Kabupaten Purworejo, sudah beroperasi secara resmi. Terminal tipe C ini diresmikan oleh Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, didampingi oleh jajarannya.

Bupati menyampaikan, pada 2023, ada tiga terminal yang dibangun di Kabupaten Purworejo, sesuai dengan fungsi dan kewenangannya.

Pertama yaitu Terminal Penumpang Tipe A Purworejo (di depan Polres Purworejo) oleh Kementerian Perhubungan RI, Terminal Penumpang Tipe B (di sebelah utara Stasiun Kutoarjo) oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Terminal Penumpang Tipe C Purwodadi yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo.

"Alasan pembangunan Terminal Penumpang Tipe C Purwodadi adalah perkembangan wilayah selatan Kabupaten Purworejo, yang tentu saja harus disertai dengan peningkatan sektor transportasi angkutan umum, terutama di wilayah Purwodadi dan Ngombol," katanya.

Ia menjelaskan, Terminal Tipe C Purwodadi dibangun di atas lahan seluas 977 meter persegi, dengan anggaran pembangunan dari APBD Kabupaten Purworejo sebesar Rp2.573.197.000.

Sedangkan, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, Hery Raharjo, menginformasikan, pembangunan Terminal Purwodadi diselesaikan dalam 150 hari kerja, kemudian diserahkan pada 1 Desember 2023.

Ia mengharapkan, terminal ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama sebagai tempat berhenti angkutan umum pedesaan (angkudes) di sana.

Hery mengatakan, terminal Purwodadi memiliki berbagai fasilitas, seperti pos jaga, CCTV, kios, taman terbuka hijau, monumen manggis, dan fasilitas lainnya.

"Semoga dengan adanya terminal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang menggunakan layanan terminal," ucapnya. (Gud)