tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Sopir Angkot K11 Tolak BISKITA Rute Vida-Summerecon di Bekasi

Para sopir Angkot K11 saat menghadang armada BISKITA, Kamis (29/2/2024).
PRAKATA.COM - Ratusan sopir angkutan kota (Angkot) K11 menolak kehadiran BISKITA Trans Bekasi Patriot yang akan melayani rute Vida Bantargebang - Summerecon Bekasi. Mereka bahkan sempat menghentikan dua armada BISKITA yang melintas di Rawapanjang, hari ini Kamis (29/2/2024).

BISKITA Trans Bekasi Patriot merupakan program angkutan massal terintegrasi yang berbasis pembayaran non-tunai yang diluncurkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan.

Dinas Perhubungan Kota Bekasi meluncurkan pengoperasian BISKITA hari ini, dengan 20 unit armada yang bisa menampung 40 orang per armada dan dilengkapi dengan AC, Wifi, dan CCTV. Selama enam bulan pertama, BISKITA akan gratis bagi warga.

Namun, rencana ini ditentang oleh ratusan sopir Angkot K11 yang merasa terancam kehilangan mata pencaharian mereka. Menurut Maryadi, Sekretaris pengurus Angkot K11, pemerintah tidak melakukan sosialisasi dan tidak memperhatikan nasib sopir angkot yang sudah lama mengandalkan rute tersebut.

"Kami tidak mau BISKITA Trans Bekasi Patriot beroperasi. Ini tanpa ada sosialisasi pemerintah tidak memikirkan nasib ratusan sopir angkot. Kondisi sekarang saja sulit, apa lagi ada BISKITA," kata Maryadi.

Maryadi menambahkan, ratusan sopir angkot sebelumnya pernah menghadang dan mengambil dua armada BISKITA yang sedang uji coba jalur tanpa penumpang di Rawapanjang. Mereka berharap ada solusi terbaik dari pemerintah yang peduli dengan ratusan sopir angkot K11.

"Kondisi sekarang saja, penghasilan Sopir Angkot K11 pas-pasan hanya sekedar untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika BISKITA mengambil rute VIDA-Summerecon. Ratusan Sopir Angkot K11 mau di apakan sama negara ini," tegas Maryadi.


Maryadi mengungkapkan bahwa masih ada ratusan Sopir Angkot K11 yang menggantungkan hidupnya dari jalur tersebut. Kondisinya pun saat ini hanya sekedar untuk mencari makan sehari, setelah BISKITA beroperasi tentunya sopir angkot makin terjepit.

"Masih ada 130-an Angkot K11 yang masih aktif sampai sekarang, jumlah ini belum termasuk armada yang masih berada di bengkel dan lainnya. Artinya ada ratusan orang menggantung hidup dari jalur K11 yang akan diambil oleh BISKITA," ungkap Maryadi. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News