tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Yuk Cicipi Camilan Combring, Jajanan Singkong yang Menjadi Ikon Kota Bandung

Lurah Pasir Biru, Adad Mujahidin berbincang tentang combring sebagai salah satu produk unggulan UMKM.
PRAKATA.COM - Sebagai ikon kuliner Kota Bandung, Combro Garing atau yang lebih dikenal dengan sebutan combring, menjadi pilihan favorit masyarakat sebagai camilan. Snack berbahan dasar singkong ini dapat ditemukan di Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

“Combring adalah produk andalan UMKM di wilayah kami dan hingga kini masih bertahan sebagai makanan khas,” ungkap Lurah Pasir Biru, Adad Mujahidin, Jumat (23/2/2024).

Bisnis ini telah berjalan lama, dengan pengrajin yang telah ada sejak tahun 1987 dan masih bertahan hingga saat ini. “Pengembangan combring tidak hanya terbatas pada satu wilayah, tetapi juga telah merambah ke RW 11, 12, dan 09,” tambahnya.

Adad menjelaskan bahwa modal menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan produksi, terutama dengan adanya peningkatan permintaan. “Dana atau anggaran menjadi kebutuhan yang sangat penting, karena harus menyesuaikan dengan produksi,” jelasnya.

Menurut Adad, Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) memainkan peran penting dalam pengembangan potensi UMKM. “Di kelurahan kami, ada LKK yang terdiri dari kader PKK, Karang Taruna RW hingga LPM. Kami bekerja sama dengan semua pihak untuk memberikan dukungan,” katanya.

Adad menekankan bahwa pengembangan potensi UMKM harus terus ditingkatkan, salah satunya melalui inovasi dan edukasi awal dari pihak yang terlibat. “Kami terus mendorong inovasi dan memberikan edukasi kepada pelaku usaha, baik secara langsung maupun melalui informasi dari media sosial,” pungkasnya. (Ana)

Ikuti Berita Terbaru di Google News