tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jogja Berangkatkan 3.402 Calon Jamaah Haji dengan 11 Kelompok Terbang

Para calon jamaah haji saat berpamitan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin (13/5/2024).
Prakata.com - Pada tahun 2024, Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengirimkan 3.402 jamaah haji yang dibagi dalam 11 kelompok terbang.

"Kami memiliki 11 kelompok terbang, sembilan di antaranya sepenuhnya dari Yogyakarta dan dua lainnya adalah kelompok gabungan dengan Jawa Tengah," kata Masmim Afif, Kepala Kantor Wilayah Kemenag DIY, dalam acara perpisahan Jamaah Haji DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin (13/5/2024).

Afif menjelaskan bahwa 3.402 jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini terdiri dari 3.147 orang dari kuota reguler, 128 dari kuota tambahan, dan 74 orang yang merupakan jamaah haji mutasi dari daerah lain. Dari total tersebut, tercatat ada 157 jamaah haji lansia.

Afif menambahkan bahwa Umirah Suto Rejo dari Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman adalah jamaah haji tertua DIY dengan usia 95 tahun, sementara jamaah haji termuda adalah Aledewa Rajaa Taqiy dari Ngaglik, Sleman, yang berusia 18 tahun.

Afif memastikan bahwa semua jamaah haji DIY telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan telah memenuhi syarat kesehatan isthita'ah. "Semua jamaah yang berangkat sudah mendapatkan vaksin meningitis," katanya.

Afif berpendapat bahwa pelayanan haji tahun ini lebih baik karena tidak ada jamaah haji Indonesia, termasuk DIY, yang ditempatkan di Mina Jadid yang jauh dari Jamarat. "Sekarang semua didekatkan ke pintu Terowongan Muaisim sehingga tidak ada jamaah kita yang terjauh. Paling jauh sekitar 2 sampai 3,5 kilometer," katanya.

Aidi Johansyah, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY, menyebutkan bahwa ribuan jamaah haji asal DIY tersebut dibagi menjadi 11 kelompok terbang yang dimulai dari Kloter 46 hingga 54, Kloter 81, dan terakhir Kloter 100.

Kloter 46 adalah yang pertama masuk Asrama Haji di Donohudan Boyolali, Jateng pada 23 Mei, kemudian diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo pada 24 Mei dan dijadwalkan tiba di Tanah Suci pada 25 Mei 2024.

Sementara itu, kloter terakhir, yaitu Kloter 100, akan masuk asrama haji pada 9 Juni, berangkat pada 10 Juni dan dijadwalkan tiba di Tanah Suci pada 10 Juni 2024. (Jiz)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel