tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Kendaraan Listrik, Solusi Jakarta untuk Hidup Sehat dan Hemat

Foto Ilustrasi kendaraan listrik atau electronic vehicles (EV).
PRAKATA.COM - Erick Thohir, Menteri BUMN, menyampaikan bahwa kendaraan listrik bisa membantu Jakarta mengatasi masalah polusi udara.

"Kalau mau Jakarta sehat dan segar tanpa polusi, yuk beralih ke kendaraan listrik, baik motor maupun mobil," kata Erick dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (18/2/2024).

Erick menjelaskan bahwa pemerintah sudah tiga tahun ini mendorong perkembangan ekosistem kendaraan listrik dan industri terkait seperti baterai. Tujuannya adalah agar masyarakat semakin banyak yang memakai kendaraan listrik.

"Pertamina kita dorong agar tidak hanya menyediakan layanan pengisian bahan bakar, tetapi juga layanan untuk mengisi ulang baterai atau mengganti baterai," ujarnya.

Selain itu, Kementerian BUMN juga mendorong PLN untuk memberi diskon tarif listrik di malam hari, karena 80 persen pengisian kendaraan listrik dilakukan di rumah.

"Kita juga mendorong industri baterai dan daur ulang baterai, karena nikel yang menjadi bahan baku baterai bisa habis suatu saat. Juga akan ada subsidi untuk kendaraan listrik," tambah Erick.

Sementara itu, pada Kamis (15/2/2024), Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah mendukung sepenuhnya pengembangan kendaraan listrik atau EV di Indonesia dan optimis bisa bersaing di pasar global.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah dengan mengurangi PPN untuk kendaraan listrik agar masyarakat lebih tertarik membelinya. Selain itu, pemerintah juga terus mengembangkan industri kendaraan listrik, baterai, dan ekosistem pendukungnya secara terpadu.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo juga mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen penuh untuk mendukung pemerintah dalam mempercepat penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Menurutnya, ekosistem kendaraan listrik adalah gaya hidup masa depan yang digital.

"Sejalan dengan arahan Bapak Presiden, PLN akan berusaha maksimal untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kami menjadikan ekosistem kendaraan listrik sebagai gaya hidup digital masa depan," katanya.

Untuk terus mendorong ekosistem kendaraan listrik dan memberi kemudahan bagi penggunanya, PLN tidak hanya menyediakan infrastruktur fisik, tetapi juga infrastruktur digital. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News