tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Makassar Bersiap untuk Pemilu 2024, Penandatanganan NPHD Segera Dilakukan

 


PRAKATA.COM - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menegaskan bahwa Pemerintah Kota Makassar akan segera menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk mendukung tahapan Pemilu 2024.

Dikenal akrab dengan nama Danny Pomanto, Ramdhan Pomanto menyatakan bahwa anggaran yang disiapkan cukup besar dan tentunya akan ada asistensi serta konsultasi dari provinsi.

“Dalam prosedur keuangan, tentu ada asistensi dari provinsi. Kami menunggu asistensi tersebut. Tidak akan lama, tergantung pada rekan-rekan di provinsi jika lebih cepat,” ujar Danny saat diwawancara di sela-sela Rapat Koordinasi Forkopimda Sulsel untuk mensukseskan Pemilu 2024 yang Luber, Jurdil, Lancar, Aman dan Damai di Era Baru Sulsel Menuju Indonesia Maju, di Hotel Claro, Rabu (11/10/2023).

Danny menambahkan bahwa dirinya belum mengetahui jumlah anggaran yang pasti. Namun timnya masih menunggu pembahasan lebih lanjut. “Namun NPHD tidak menjadi masalah bagi kita,” tegasnya.

“Yang penting adalah prosedur keuangan harus dilakukan, termasuk asistensi dan konsultasi,” tambahnya.

Danny berjanji bahwa hal tersebut akan dilakukan secepat mungkin. Dia mengakui sudah berpengalaman dalam hal ini sehingga tidak menjadi masalah.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan bahwa Rakor ini menunjukkan bahwa Forkopimda se-Sulsel sudah siap untuk menggelar dan mengawal sukses Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Hal ini ditandai dengan kesiapan anggaran. Oleh karena itu, ia mendorong seluruh kabupaten/kota bulan ini sudah melakukan penandatanganan NPHD.

“Insyaallah seluruh Sulsel bulan ini seluruhnya sudah tanda tangan NPHD. Saya percaya Pemerintah Kota/Kabupaten di Sulsel teguh dalam menyelesaikan itu. Hanya hal teknis penganggaran saja yang dibicarakan. Prinsipnya tidak ada persoalan semuanya bisa dibicarakan karena kami menganut falsafah sipakatau, sipakalebbi, sipakainge,” ujarnya.

Ia juga memastikan bahwa seluruh penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada di daerah ini akan berjalan aman, sukses dan lancar. Bahkan, partisipasi publik didorong untuk lebih banyak lagi. (gud)