tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Puan Maharani: Perjuangan Kartini Belum Usai, Perempuan Indonesia Harus Terus Berjuang

Ketua DPR RI, Puan Maharani.
Prakata.com - Pada peringatan Hari Kartini 2024, Ketua DPR RI, Puan Maharani, menekankan bahwa masih banyak perempuan di Indonesia yang berjuang untuk keadilan. Ia mengajak semua perempuan di Indonesia untuk mengambil inspirasi dari Raden Ajeng (RA) Kartini dan terus berjuang untuk hak-hak mereka.

"Lebih dari seabad telah berlalu sejak perjuangan RA Kartini, namun kita masih menemukan banyak ketidakadilan yang dialami oleh perempuan," ungkap Puan dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Minggu (21/4/2024).

Menurut Puan, kesetaraan gender yang diperjuangkan oleh RA Kartini sejak abad ke-20 masih menjadi tantangan bersama. Terutama dalam hal keadilan bagi perempuan Indonesia, karena masih ada banyak ketimpangan.

"Meskipun Indonesia telah memiliki banyak pedoman, regulasi, dan aturan yang mendukung kesetaraan gender, kenyataannya hingga hari ini masih banyak perempuan Indonesia yang mengalami ketimpangan sosial dan budaya," kata politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

"Kita masih menemukan banyak perempuan yang mengalami kondisi serupa dengan Kartini saat beliau berjuang melawan ketidakadilan karena peran sekunder perempuan dalam masyarakat," tambah mantan Menko PMK ini.

Puan menambahkan, masih banyak perempuan Indonesia yang belum sepenuhnya mendapatkan hak-hak mereka. Mulai dari hak untuk hidup bebas dari kekerasan dan diskriminasi, hak untuk menikmati standar kesehatan fisik dan mental tertinggi yang dapat dicapai, hak atas akses pendidikan, hingga hak untuk mendapatkan pekerjaan dan upah yang setara.

"Tidak bisa kita pungkiri, masih cukup banyak perempuan yang kesulitan mendapatkan akses pendidikan, akses kesehatan, dan akses teknologi yang hari ini menjadi salah satu modal menjalani kehidupan sehari-hari," ujar cucu Proklamator Bung Karno ini. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel