tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jamin Ketersediaan Pangan, Pj Bupati Lebak dan Forkopimda Tinjau Pasar dan Gudang Bulog

Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan saat meninjau ketersediaan beras bersama Forkopimda.
Prakata.com - Penjabat (Pj) Bupati Lebak, Iwan Kurniawan, bersama Forkopimda dan Sekretaris Daerah serta jajaran lainnya, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar dan Gudang Bulog di Kabupaten Lebak, Jumat (5/4/2024).

Iwan Kurniawan mengunjungi Pasar Rangkasbitung untuk memeriksa ketersediaan dan harga barang-barang pokok seperti beras, cabai, daging sapi, dan komoditas lainnya.

Menurut Pj Bupati Lebak, tujuan dari pemantauan ini adalah untuk memastikan stabilitas pasokan dan harga pangan, serta untuk mengetahui langsung ketersediaan dan harga barang-barang pokok di tingkat pedagang.

"Dari diskusi dengan para pedagang, harga beras premium relatif turun dari hari sebelumnya, meskipun masih di bawah harga yang ditetapkan pemerintah. Harga bawang merah dan cabe naik, sedangkan harga daging segar masih standar," ujar Iwan.

Iwan menekankan kepada para pedagang untuk tidak meningkatkan harga secara drastis dan untuk tetap menjaga kualitas dari berbagai komoditas yang dijual kepada masyarakat.

"Saya meminta para pedagang untuk menjaga keterjangkauan harga bagi masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan lebaran di pasar dan menjaga kualitas, terutama daging, ikan, dan ayam yang segar atau layak untuk dijual, sehingga akan memberikan kesehatan dan kenyamanan bagi masyarakat Lebak," tegas Iwan.

Selain itu, untuk memastikan tidak ada penimbunan barang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Iwan bersama Forkopimda langsung melakukan pemeriksaan ke gudang Bulog setelah Sidak pasar.

"Ketersediaan beras bantuan dan murah sangat cukup sampai dengan lebaran," kata Iwan.

"Bantuan beras diberikan setiap bulan oleh Bulog untuk pemerintah kabupaten Lebak," tambah Iwan.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Lebak mengusulkan agar pembagian bantuan beras untuk bulan April diberikan sebelum lebaran.

"Saya akan mengirim surat ke Bapanas, mengusulkan pembagian beras bulan April sebanyak sebelum lebaran," tutupnya. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel