tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

DPR Sebut Perlu Adanya Perbaikan dan Evaluasi Pelaksanaan Mudik Lebaran 2024

Anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti.
Prakata.com - Fenomena tahunan arus mudik dan balik saat Lebaran selalu menjadi fokus utama bagi masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya, pelaksanaan ini selalu dihadapkan pada berbagai tantangan yang cukup berarti.

Sehubungan dengan ini, Novita Wijayanti, Anggota Komisi V DPR RI, memberikan penghargaan atas seluruh proses arus mudik dan balik angkutan Lebaran 2024 yang telah berjalan dengan lancar. Meskipun ada beberapa catatan dan evaluasi yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaannya.

"Pemerintah telah berusaha meningkatkan infrastruktur dan mengelola sistem transportasi. Namun, penambahan jumlah pemudik dan kepadatan lalu lintas tetap menjadi isu utama," kata Novita dalam wawancara tertulis di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap (Jawa Tengah VIII) ini menambahkan, koordinasi antara Pemerintah Daerah dengan operator transportasi dan pihak terkait lainnya masih perlu ditingkatkan.

"Komunikasi yang lebih baik dan perencanaan yang matang sangat dibutuhkan untuk menghindari kemacetan berlebih dan menjamin keamanan pemudik," tegas politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

“Tentu saja, upaya lebih lanjut masih diperlukan untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan dalam pelaksanaan arus mudik dan balik angkutan Lebaran di masa depan,”

Tak hanya itu, Novita juga mencatat perlunya peningkatan pengawasan yang lebih ketat terhadap protokol kesehatan di tempat-tempat peristirahatan dan terminal, guna mencegah penyebaran penyakit. Terlebih, lanjutnya, di tengah cuaca ekstrem yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh para pemudik.

Kendati demikian, Novita mengapresiasi secara keseluruhan pelaksanaan arus mudik dan balik angkutan lebaran 2024 yang baru saja selesai terselenggara. Dirinya berharap, perbaikan dan peningkatan pelayanan dapat terus dilakukan di setiap tahunnya.

"Secara keseluruhan, meskipun ada beberapa perbaikan yang telah dilakukan, tentunya masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan kenyamanan pelaksanaan arus mudik dan balik angkutan lebaran di masa mendatang," pungkasnya. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel