tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jagorawi Raih Juara 1 Lomba Taman Ruas Jalan Tol HUT ke-46 Jasa Marga

Landscape Tol Jagorawi.
PRAKATA.COM - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar lomba Taman Ruas Jalan Tol Jasa Marga Group sebagai salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT ke-46 Jasa Marga yang bertepatan pada 1 Maret 2024. Lomba ini sekaligus menjadi bentuk realisasi program beautifikasi lansekap jalan tol yang tidak hanya menambah nilai estetika namun juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Lomba Taman Ruas Jalan Tol ini diikuti oleh 20 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jasa Marga Group yang berada di Representative Office Regional Division & Subholding PT Jasamarga Transjawa Tol serta Anak Perusahaan yang sudah memiliki Taman Ruas. Kriteria penilaian dalam lomba ini meliputi ide konsep landscape, desain taman, jenis dan fungsi tanaman, signage, kerapihan, dan kebersihan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan bahwa Taman Ruas Jalan Tol adalah bagian dari pemenuhan aspek 100% Standar Pelayanan Minimum (SPM) terkait beautifikasi jalan tol. Selain itu, lomba yang diselenggarakan adalah bentuk penghargaan kepada BUJT yang telah membuat Taman Ruas sehingga mendukung program keberlanjutan Jasa Marga di bidang lingkungan yang juga memberikan dampak positif kepada masing-masing BUJT.

"Lomba Taman Ruas Jalan Tol Jasa Marga Group berfungsi sebagai sarana untuk memotivasi BUJT di lingkungan Jasa Marga Group untuk memiliki dan mengelola Taman Ruas di jalan tol yang dikelolanya. Program beautifikasi ini sangat bermanfaat untuk dilakukan karena dapat menjaga lingkungan dan mengurangi dampak polusi sehingga menambah kenyamanan pengguna jalan tol saat berkendara," ujar Lisye, Minggu (3/3/2024).

Dalam penilaiannya, Taman Ruas Jalan Tol menampilkan tiga dewan juri eksternal yang ahli di bidangnya yaitu Penasehat Asosiasi Bunga Indonesia (ASBINDO) sekaligus Expert Landscape Karen Tambayong, Dosen Universitas Indonesia sekaligus Expert Lingkungan Puput Ahmad Safrudin, dan Dosen Trisakti sekaligus Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna. Kehadiran para juri eksternal ini dimaksudkan agar penilaian yang dilakukan berjalan secara transparan, adil, dan profesional.

Dalam proses penjurian, tiga dewan juri juga melakukan site visit di lima besar Taman Ruas Jalan Tol Jasa Marga Group yang lolos dalam babak penyisihan, yaitu Taman Cipularang Km 71 A Ruas Purbaleunyi, Taman Km 06 A Ruas Jagorawi, Taman Kunciran JC Ruas Kunciran-Cengkareng, Taman Benda JC Ruas Kunciran-Cengkareng serta _site visit_ secara online untuk Taman IC KM 3+600 Ruas Bali-Mandara.

Dalam kesempatan itu, mewakili Dewan Juri Eksternal, Karen Tambayong menjelaskan bahwa lomba Taman Ruas Jalan Tol ini merupakan langkah yang baik dalam komitmen dan implementasi yang dilakukan Jasa Marga dalam melestarikan lingkungan di sekitar wilayah jalan tol yang dikelola.

"Lomba Taman Ruas Batas Tol ini merupakan suatu inisiatif yang perlu untuk terus dilaksanakan dan sangat membantu Jasa Marga untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan landscape taman sebagai landmark yang tidak hanya memperhatikan aspek estetika namun berkontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan. Saya harap Jasa Marga dapat menjadi contoh jalan tol berkelanjutan dan dapat terus berinovasi dalam peningkatan kualitas jalan tol," papar Karen.

Ini adalah daftar lengkap pemenang Lomba Taman Ruas Jalan Tol Jasa Marga Group 2024:
Juara 1: Taman KM 06 A Ruas Jagorawi.
Juara 2: Taman Benda JC Ruas Kunciran-Cengkareng (JKC).
Juara 3: Taman Cipularang KM 71 Ruas Purbaleunyi.
Apresiasi Khusus: Taman IC KM 3+600 Ruas Bali-Mandara. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News