tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Dua Wakil Indonesia Melaju ke Semifinal All England Open 2024, Pertama Setelah 25 Tahun

Pemain bulutangkis tunggal putra Jonatan Christie.
PRAKATA.COM - Jonatan Christie, salah satu pemain tunggal putra terbaik Indonesia, telah berhasil mengikuti jejak Anthony Sinisuka Ginting untuk melangkah ke babak semifinal All England Open 2024 pada hari Sabtu.

Jonatan meraih kemenangan ini setelah berhasil mengalahkan Shi Yu Qi, pemain unggulan kedua dari China, dengan skor 21-12 di babak perempat final. Shi memilih untuk mengundurkan diri di gim kedua karena kondisi fisiknya yang menurun.

Jonatan memberikan penghargaan dan penghormatan kepada Shi Yu Qi yang telah bermain dengan luar biasa minggu lalu. Menurut Jonatan, Shi mencoba mempertahankan kondisi dan performanya di turnamen yang berlangsung secara beruntun hingga pertandingan tersebut.

“Saya memberikan respek dan hormat saya kepada Shi Yu Qi yang bermain luar biasa minggu lalu. Tidak mudah mempertahankan kondisi dan performa di turnamen back to back, Shi Yu Qi coba melakukan itu sampai pertandingan tadi,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Jonatan menambahkan bahwa penampilan Shi di gim pertama tampak sedikit berbeda dari biasanya. Dia mencatat bahwa kecepatan gerakan Shi tidak seperti biasanya.

Indonesia kini telah memastikan dua wakilnya di babak empat besar turnamen BWF Super 1000 kali ini. Ini merupakan pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir ada dua pemain tunggal putra Indonesia yang berhasil melaju ke babak empat besar di turnamen bulu tangkis tertua di dunia ini.

Pencapaian ini juga menandai prestasi yang sama seperti yang dicapai oleh Taufik Hidayat dan Budi Santoso, yang berhasil melaju ke babak semifinal All England Open pada tahun 1999.

Jonatan mengungkapkan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras berupa latihan dan diskusi panjang yang rutin dilakukan bersama tim tunggal putra di setiap turnamen yang mereka ikuti.

Jonatan akan bertemu dengan Lakshya Sen dari India, sementara Ginting akan berhadapan dengan Christo Popov dari Prancis di babak semifinal All England Open 2024, akhir pekan ini.

“Mungkin buahnya sekarang, di beberapa turnamen ke belakang hasilnya belum memuaskan. Jadi pasti ada dampaknya, kami jadi lebih siap dan saling kasih masukkan. Saya, Ginting bahkan Chico (Aura Dwi Wardoyo). Input itulah yang bisa jadi modal,” ujarnya. (Ana)

Ikuti Berita Terbaru di Google News