tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Situs Web KPU Diserbu Serangan DoS Ratusan Juta Kali

Website resmi KPU RI
PRAKATA.COM - Situs web Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadi sasaran serangan DoS (Denial of Service) yang sangat masif.

"Serangan DoS itu mencapai ratusan juta kali, bukan puluhan atau satuan. Situs web KPU mendapat serangan luar biasa," kata Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Serangan DoS adalah serangan yang bertujuan untuk mengganggu kinerja jaringan pada server, sistem, atau situs web dengan mengirimkan lalu lintas yang berlebihan. Akibatnya, server tidak bisa lagi melayani koneksi dari user lain (overload).

Betty mengatakan, situs web KPU berisi informasi dan data Pemilu 2024. Sedangkan, hasil pemilu dapat diakses di infopemilu.kpu.go.id.

"Sebagian besar situs yang dimiliki KPU mendapat serangan dan khususnya di situs web kpu.go.id, serangan cukup besar terjadi di sana," lanjutnya.

Betty menambahkan, kondisi ini segera diatasi oleh Satgas Keamanan Siber KPU. Ia mengaku setelah menggunakan hak pilihnya di pagi hari, ia langsung mengecek masalah ini.

"Alhamdulillah hari ini situs web kpu.go.id sudah mulai pulih. Mudah-mudahan semuanya tetap terkendali dan bisa diperbaiki oleh KPU," tutup Betty. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News