tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Serangan Rudal di Teluk Aden, MV Torm Thor Dalam Bidikan Houthi Yaman

Sebuah pesawat Typhoon Angkatan Udara Kerajaan bersiap untuk melakukan serangan lebih lanjut terhadap sasaran Houthi. Foto: Reuters.
PRAKATA.COM - Serangan terbaru oleh Houthi Yaman terjadi di perairan Teluk Aden, menurut pernyataan Yahya Sarea, juru bicara militer kelompok tersebut. MV Torm Thor, kapal tanker minyak yang beroperasi di bawah bendera Amerika Serikat, menjadi sasaran serangan rudal.

Insiden ini merupakan bagian dari serangkaian tindakan militan yang menyerang jalur pelayaran internasional, sebagai ekspresi dukungan mereka terhadap penduduk Palestina di Gaza.

Sarea mengumumkan dalam siaran televisi bahwa serangan tersebut dilakukan dengan "beberapa rudal angkatan laut yang dirancang khusus" untuk misi tersebut.

U.S. Central Command (CENTCOM) Amerika Serikat melaporkan bahwa USS Mason, kapal perusak yang dilengkapi dengan sistem peluru kendali, berhasil mencegat dan menghancurkan sebuah rudal balistik yang ditembakkan ke arah Teluk Aden dari wilayah Yaman yang dikuasai oleh Houthi, yang diduga ditujukan untuk MV Torm Thor.

Kedua kapal, USS Mason dan MV Torm Thor, dikonfirmasi selamat dari serangan tersebut tanpa kerusakan atau korban cedera, menurut pernyataan CENTCOM.

Sejak 19 November, Houthi telah melakukan serangan menggunakan drone dan rudal terhadap kapal-kapal komersial, sebagai bentuk protes mereka terhadap aksi militer Israel di Gaza.

Pemerintah Amerika Serikat dan Inggris telah menanggapi dengan melancarkan serangan balasan terhadap target-target Houthi di Yaman, serta mengklasifikasikan kembali kelompok tersebut sebagai organisasi teroris. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News