tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Kawal Rekapitulasi Suara, Data Internal DPD PSI Kota Bekasi Catat Peluang Kursi DPRD

Ketua DPD PSI Kota Bekasi, Tanti Herawati.
PRAKATA.COM – DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bekasi saat ini masih terus melakukan pengawalan rekapitulasi oleh KPU. Dimana suara PSI secara nasional saat ini melejit hingga 4 persen, pengawalan suara terus dilakukan di daerah-daerah.

Ketua DPD PSI Kota Bekasi Tanti Herawati mengungkapkan bahwa PSI masih memiliki peluang untuk mendapatkan kursi di DPRD Kota Bekasi. Menurutnya, dari perhitungan internal yang dilakukan pihaknya, kantong suara PSI bisa membawa partai ini ke kursi DPRD Kota Bekasi.

“Sejauh ini hitungan internal ada beberapa kursi di dapil-dapil. Doain ya semoga aman,” kata Hera melalui pesan WhatsApp, Rabu (28/2/2024).

Jika dilihat dari data Sistem Rekapitulasi Pemilu (Sirekap) KPU hari ini yang diupdate terakhir 24 Februari 2024 pukul 22.30.42, progress progress 29,39 persen dari 1.385 TPS, PSI memperoleh suara 6,84 persen. Sampel diambil pada Dapil I Kota Bekasi dengan urutan caleg tiga tertinggi yakni Tanti Herawati, Angelia, dan disusul oleh Reni Agustina di urutan ketiga.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni mengungkapkan bahwa PSI memiliki peluang untuk masuk di kursi parlemen meski saat ini masih berada di bawah ambang batas.

Menurut survei terakhir sebelum pemilihan pada 14 Februari 2024 menunjukkan bahwa elektabilitas PSI melebihi 4 persen. Ia juga mengingatkan bahwa survei dan quick count tersebut memiliki margin of error.

“Dengan kata lain, meskipun PSI saat ini berada di bawah ambang batas 4 persen, masih ada kemungkinan hasil real count KPU bisa mendekati atau bahkan melebihi angka tersebut,” ujar Vivin dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Vivin juga menambahkan bahwa suara PSI telah meningkat dibandingkan dengan pemilu pertama mereka pada 2019, yang hanya meraih 1,89 persen suara secara nasional.

Meskipun PSI tidak berhasil melaju ke Senayan (DPR RI), perolehan kursi di DPRD provinsi dan kabupaten/kota cukup signifikan. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News