tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jokowi Resmi Lantik Hadi Tjahjanto dan AHY, Jadi Menkopolhukam dan Menteri ATR/BPN

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat dilantik hari ini Rabu (21/2/2024) oleh Presiden Joko Widodo.
PRAKATA.COM - Presiden Joko Widodo baru saja melantik dua tokoh penting dalam kabinetnya, yaitu Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada hari Rabu, 21 Februari 2024.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024, yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta, pada tanggal 20 Februari 2024.

Dalam acara tersebut, Hadi dan AHY mengucapkan sumpah jabatan di bawah bimbingan Presiden Joko Widodo. Mereka berjanji untuk setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan semua peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya, demi pengabdian mereka kepada bangsa dan negara.

Sebelum pelantikan ini, Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, sementara posisi Menko Polhukam dipegang oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai pelaksana tugas. Hadi Tjahjanto, yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI periode 2017-2021, ditugaskan oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri ATR/Kepala BPN sejak Juni 2022.

Sementara itu, AHY, putra pertama dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memulai karier militer dengan masuk Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1997. AHY, yang lahir pada 10 Agustus 1978, lulus dari Akmil pada tahun 2000 dengan predikat terbaik dan meraih Bintang Adi Makayasa.

Selama bertugas di militer, AHY menempuh pendidikan tinggi dan memperoleh tiga gelar master dari Universitas Teknologi Nanyang, Singapura, pada tahun 2006; Universitas Harvard, Amerika Serikat, pada tahun 2010; dan Universitas Webster, Amerika Serikat, pada tahun 2015.

AHY menjalani karier militer hingga pangkat Mayor Infanteri, sebelum memutuskan untuk pensiun dari TNI pada akhir tahun 2016 dan beralih ke dunia politik, mengikuti jejak ayahnya.

AHY pertama kali terjun ke dunia politik saat dia diusung oleh Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai calon gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017.

Sejak itu, AHY aktif dalam politik di Partai Demokrat dan ditunjuk sebagai Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) untuk Pemilihan Legislatif 2019.

Pada 15 Maret 2020, AHY diangkat menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025 setelah mendapatkan dukungan dari 34 provinsi serta 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News