tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

BISKITA Trans Bekasi Patriot Siap Beroperasi, Gratis Selama Enam Bulan

BISKITA di Revo Mall Bekasi
PRAKATA.COM - Dalam rangka meningkatkan layanan angkutan umum massal di Kota Bekasi, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Bekasi melakukan uji coba BISKITA Trans Bekasi Patriot yang melayani rute Summarecon Bekasi – Pasar Alam Vida Bantargebang, Kamis (29/2/2024).

Dua bus yang terdiri dari satu bus biasa dan satu bus aksesibel menjadi bagian dari uji coba tahap pertama ini. Setelah uji coba selesai, layanan ini akan segera dioperasikan secara resmi dan tidak dipungut biaya selama kurang lebih enam bulan.

Plt. Kepala BPTJ, Suharto, mengatakan bahwa layanan ini akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan bersama Pj. Walikota Bekasi. "BISKITA Trans Bekasi Patriot sebagai penghubung layanan LRT dengan skema buy the service (BTS) akan dioperasikan pada Bulan Maret mendatang dan gratis untuk semua penumpang sampai proses kajian penetapan tarif selesai hingga enam bulan ke depan", ujar Suharto.

Direktur Angkutan BPTJ, Tatan Rustandi menambahkan bahwa layanan BISKITA Trans Bekasi Patriot ini akan terintegrasi dengan LRT Jabodebek dan memiliki standar layanan yang lebih baik daripada angkutan konvensional.

“Kami bersama-sama dengan Pemerintah Kota dan pihak swasta terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dengan standar yang setara. Layanan LRT Jabodebek yang nyaman tentu saja harus dilanjutkan. Ketika penumpang yang turun di Stasiun LRT Bekasi Barat kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Summarecon atau Vida Bantargebang akan mendapatkan layanan yang sama dengan LRT Jabodebek. Hal ini karena BISKITA dilengkapi dengan fasilitas AC, kamera CCTV dan sistem pembayaran yang juga cashless meskipun saat ini masih gratis”, kata Tatan.

Selain itu, BISKITA mengadopsi konsep modernisasi angkutan umum dengan menggunakan berbagai peralatan berbasis internet (Internet of Things), seperti kamera pengawas (CCTV), passenger counting, GPS tracking, mobile DVR (perangkat untuk memonitor dengan kecepatan 2G-4G), camera surveillance (perangkat untuk merekam), CP4 (perangkat untuk memonitor kendaraan pada dasbor pengemudi dengan menggunakan RFID) dan TOB (perangkat untuk transaksi pembayaran penumpang) menggunakan kartu uang elektronik untuk tujuan keamanan dan kenyamanan penumpang.

“Konsep Bus Rapid Transit (BRT) yang menjadi acuan standar pelayanan yang mensyaratkan pemenuhan berbagai aspek seperti keselamatan, kenyamanan, dan kemudahan pelayanan. Semuanya ini demi terwujudnya modernisasi dan kesetaraan layanan angkutan umum yang akan mengubah peradaban bertransportasi,” papar Tatan.

Tidak hanya itu, pengguna BISKITA juga dapat merasakan kenyamanan yang sama ketika melewati Revo Mall. Kuasa Direksi PT. Kilap Propertindo, Franky Lukanta, mengatakan bahwa dengan terintegrasi nya layanan LRT Jabodebek dengan BISKITA Trans Bekasi Patriot diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat Kota Bekasi untuk menggunakan angkutan umum massal.

“Dari BISKITA menuju LRT Jabodebek atau sebaliknya kami persilahkan masuk ke Revo Mall sehingga penumpang akan merasa nyaman, tidak kepanasan atau kehujanan. Masyarakat juga dapat memarkir kendaraannya disini, kami memberikan diskon sampai Bulan Juni ke depan. Kami sangat mendukung program pemerintah pusat dan siap memfasilitasi pengembangan angkutan massal perkotaan”, tutur Franky.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Zeno Bachtiar, menjelaskan pemilihan rute Summarecon Bekasi - Pasar Alam Vida berdasarkan kajian. Di mana di jalur tersebut memiliki kebutuhan akan moda angkutan umum yang tinggi.

“Kami sudah melakukan kajian dan perhitungan terhadap sejumlah rute dan rute ini (Summarecon Bekasi - Pasar Alam Vida) memiliki bangkitan dan tarikan yang tinggi sehingga kebutuhan akan sarana transportasi perlu diakomodir," terang Zeno.

Rencananya BISKITA Trans Bekasi Patriot akan beroperasi sebanyak 15 unit bus yang melayani penumpang mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB dengan waktu tunggu (headway) sekitar 10 menit. Untuk rute atau koridor Summarecon Bekasi - Vida tersebut total akan ada sebanyak 47 halte/bus stop dengan rincian sebanyak 21 halte/bus stop dari rute Summarecon - Vida dan 26 bus stop dari Vida - Summarecon. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News