tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Banjir Demak Mulai Surut, Pemprov Jateng dan TNI-Polri Bersihkan Lingkungan

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat meninjau tanggul Sungai Wulan di Kecamatan Karanganyar, Sabtu (24/2/2024).
PRAKATA.COM - Banjir yang menggenangi beberapa daerah di Kabupaten Demak mulai berangsur-angsur surut. Hal ini terlihat dari hasil peninjauan yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana ke arah tanggul Sungai Wulan di Kecamatan Karanganyar, Sabtu (24/2/2024).

Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk memastikan bahwa penanganan banjir telah dilaksanakan dengan baik. Menurut pengamatan Nana, tidak ada lagi genangan air di sepanjang jalan pantura rute Demak-Kudus. Di sekitar pemukiman penduduk, air juga sudah banyak yang kering.

“Dalam satu minggu ini kita sudah melakukan penyedotan air, dengan memakai pompa air yang besar-besar. Ada 27 pompa yang kita operasikan. Sekarang ini airnya sudah makin kering,” ujar Nana.

Nana juga menyampaikan bahwa saat ini sudah memasuki tahap recovery. Di tahap ini, Pemprov Jateng akan berkolaborasi dengan Kodam IV/ Diponegoro dan Polda Jateng, untuk membantu warga membersihkan lingkungan.

Di sisi lain, Pangdam IV/ Diponegoro, Tandyo Budi Revita menambahkan, bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengerahkan personel sebanyak dua kompi. Mereka akan ditugaskan untuk membantu warga membersihkan sampah, akibat banjir bandang.

“Sampah-sampah akibat banjir ini yang akan kita bersihkan dulu. Kemudian kita juga siapkan empat dump truck dan dua ekskavator untuk membantu mempercepat pembersihan sampah dari banjir itu,” katanya. (Ul/Gud) 

Ikuti Berita Terbaru di Google News