tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Empat JPO Modern Siap Hadir di Jakarta, Desain Unik Menanti

 


PRAKATA.COM - Dinas Bina Marga DKI Jakarta berencana membangun empat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) tahun ini. Rencana ini merupakan hasil dari usulan masyarakat yang disampaikan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Keempat JPO tersebut akan dibangun di lokasi berikut: JPO Mas Mansyur, JPO Sunter Barat, JPO PGC Cililitan, dan JPO Dukuh (Jalan Raya Pondok Gede).

“Desain JPO yang akan dibangun ini mengusung nuansa modern dan menarik, serta mempertimbangkan kearifan lokal,” ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondo, pada hari Jumat (19/1/2024).

Menurut Heru, pembangunan JPO di lokasi tersebut sangat penting karena merupakan bagian dari fasilitas penunjang keselamatan jalan untuk mengurangi angka kecelakaan.

Heru menjelaskan bahwa setiap JPO yang akan dibangun memiliki lebar sekitar tiga meter dan dirancang untuk ramah terhadap penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil dengan dilengkapi lift di kedua sisi jembatan.

“Desainnya artistik dan unik untuk setiap JPO. Tidak hanya fungsional, tapi juga estetik dan menarik untuk dilihat, cocok untuk berfoto bagi pejalan kaki dan dapat mengakomodasi penyandang disabilitas. Pencahayaan juga telah dipertimbangkan dan beberapa JPO akan dilengkapi dengan lift,” tambah Heru.

Heru menambahkan bahwa desain JPO telah selesai sejak tahun 2023 dan saat ini sedang dalam tahap perencanaan konstruksi.

“Pembangunan fisik diperkirakan akan dimulai pada bulan April atau Mei 2024,” tutup Heru. (gud)