tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Tangerang, Kota Pintar yang Jadi Inspirasi Indonesia


PRAKATA.COM - Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya impian Kota Tangerang untuk menjadi Kota Pintar atau Smart City tercapai. Kota yang dikenal sebagai pusat industri dan jasa ini berhasil menjadi teladan bagi daerah-daerah lain di Indonesia, mulai dari tingkat kota, kabupaten, hingga provinsi, dalam mengimplementasikan Smart City.


Sampai saat ini, ada 47 daerah di Indonesia yang meniru aplikasi yang dimiliki oleh Kota Tangerang, termasuk provinsi, kabupaten, dan kota. Beberapa contohnya adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Pinrang, Kota Jayapura, Kota Padang Panjang, dan yang terbaru adalah Kabupaten Poso.


Indri Astuti, Kepala Diskominfo Kota Tangerang, mengatakan bahwa Kota Tangerang adalah daerah yang memiliki jumlah aplikasi terbanyak di Indonesia, yaitu 222 aplikasi. Rinciannya adalah 203 aplikasi web, 19 aplikasi mobile, dan 12 fasilitas sertifikat elektronik. Selain itu, Kota Tangerang juga memiliki super aplikasi Tangerang LIVE yang merupakan Super Apps layanan publik dengan 14 layanan dan 36 menu, yang sudah diunduh oleh 1.062.235 pengguna.


"Melalui aplikasi Tangerang LIVE, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan publik di Kota Tangerang dengan mudah dan cepat. Ada berbagai macam layanan yang tersedia, seperti Layanan Gawat Darurat 112, Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), Layanan Pencari Kerja, informasi harga bahan pokok di pasar, dan berita-berita terkait Kota Tangerang," ujar Indri.


Ia menambahkan, pengembangan Smart City di Kota Tangerang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, banyak aplikasi yang dibuat oleh Pemkot Tangerang yang bisa mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat.


"Kami sudah membuat dua super aplikasi, yaitu Aplikasi Tangerang LIVE yang berisi aplikasi layanan publik untuk masyarakat, seperti layanan aduan dan job fair. Kemudian, ada juga Aplikasi e-Government untuk aplikasi internal Pemkot Tangerang," terangnya.


Untuk informasi lebih lanjut, implementasi Smart City di Kota Tangerang bisa dilihat di Smartcity.tangerangkota.go.id atau melalui enam pilar kota pintar, yaitu smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment. (Gud)