tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Kemenpan RB Beri Nilai A untuk SAKIP Pemkot Bandung


PRAKATA.COM - Pemkot Bandung berhasil meraih nilai A dalam evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang dilakukan oleh Kemenpan-RB untuk kinerja tahun 2022.


Ini menunjukkan komitmen Pemkot Bandung dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


"Kami bersyukur Pemerintah Kota Bandung mendapatkan nilai SAKIP A. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan komitmen dari Pimpinan dan Seluruh Perangkat Daerah," kata Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.


Dalam dokumen perubahan Rencana Kerja Pembangunan Daerah tahun 2023, Pemkot Bandung menetapkan tema “Memantapkan kualitas infrastruktur dan lingkungan dalam mendukung erekonomian kota menuju Kota Bandung yang ungggul, nyaman, sejahtera dan agamis”.


Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna sebelumnya mengatakan, cascading pada evaluasi SAKIP harus berorientasi pada outcome kebermanfaatan.


Ia mengatakan, rumusan dan tujuan sasaran pada OPD baru sebatas output, belum mencapai outcome. Sehingga hanya terlihat dari program yang dibuat berdasarkan anggaran, belum mencerminkan nilai kebermanfaatan.


"Ada kemungkinan nanti OPD yang anggarannya masih tersisa, tapi indikator manfaatnya bagus lebih baik daripada yang 95 persen habis, tapi nilai manfaatnya sedikit," jelas Ema. (ray)