tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Indonesia Siap Sambut Ajang Internasional untuk Dorong Pariwisata

 


PRAKATA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, optimis bahwa penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 pada 10-11 Oktober 2023 akan memberikan dorongan positif bagi sektor pariwisata di Bali.

Sandiaga mengungkapkan bahwa forum ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas pariwisata dan tingkat hunian hotel. Hal ini disampaikannya setelah menghadiri rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurut Sandiaga, penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pada September 2023 telah memberikan dampak signifikan pada sektor pariwisata, terutama dalam hal tingkat hunian hotel. Ia juga menekankan bahwa pihaknya akan mempersiapkan sebaik mungkin setiap penyelenggaraan acara besar di Indonesia, seperti MotoGP Mandalika 2023 dan Piala Dunia Sepakbola FIFA U-17.

Selain itu, Sandiaga juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengembangkan berbagai acara yang dapat mendukung pariwisata nusantara. Ia menambahkan bahwa wisatawan mancanegara telah mencapai 15-20 persen di atas target, namun wisatawan nusantara perlu didorong dengan acara-acara berkelas daerah dan regional.

Mengenai persiapan MotoGP Mandalika 2023 yang akan diadakan pada 13-15 Oktober di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sandiaga mengatakan bahwa semua persiapan telah berjalan sesuai rencana. Ia berharap balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika ini akan menarik perhatian karena ketatnya persaingan di puncak klasemen. (gud)