tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

AS Jadi Sasaran Kritik Militer China dan Rusia di Forum Keamanan Beijing

Wakil Ketua Komisi Militer Pusat China Zhang Youxia dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu tiba untuk menghadiri Forum Xiangshan Beijing di Beijing, China 30 Oktober 2023. Foto: Reuters

PRAKATA.COM - Pada hari Senin, di sebuah forum keamanan di Beijing, pemimpin militer China dan Rusia menyampaikan kritik terhadap Amerika Serikat, sementara salah satu komandan militer tertinggi China berjanji untuk memperbaiki hubungan pertahanan dengan Washington.

Komunikasi reguler antara militer A.S. dan Tiongkok yang kurang menjadi perhatian bagi Washington karena adanya ketegangan di berbagai isu dan potensi konflik yang tidak terduga di Laut Cina Selatan atau dekat Taiwan.

Forum Xiangshan, acara diplomasi militer terbesar China yang diadakan setiap tahun, dibuka pada hari Minggu tanpa kehadiran menteri pertahanan China, yang biasanya menjadi pembicara utama acara tersebut, tetapi ada delegasi AS.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengecam keterlibatan Barat dalam perang Ukraina yang menimbulkan bahaya besar.

"Barat secara konsisten meningkatkan konflik dengan Rusia yang membawa ancaman konfrontasi militer langsung antara kekuatan nuklir, yang bisa berakibat bencana," kata Shoigu di forum tersebut, seperti dikutip oleh kantor berita negara Rusia TASS.

Shoigu mengatakan Barat berniat untuk mengalahkan Rusia secara strategis dalam apa yang disebutnya "perang hibrida", dan memuji hubungan Rusia-China sebagai "contoh", menurut media pemerintah Rusia.

Zhang Youxia, wakil ketua Komisi Militer Pusat China di bawah Presiden Xi Jinping, menyindir Amerika Serikat dan sekutunya, menuduh "beberapa negara" berusaha melemahkan pemerintah China.

Namun Zhang juga menekankan perlunya meningkatkan hubungan militer dengan Amerika Serikat.

"Kami akan memperdalam kerja sama strategis dan koordinasi dengan Rusia dan bersedia, atas dasar saling menghormati, hidup berdampingan secara damai dan kerja sama win-win, mengembangkan hubungan militer dengan AS," ujar Zhang dalam pidato yang disaksikan oleh atase militer dan diplomat dikutip dari Reuters.

Zhang bertemu dengan Shoigu di sela-sela forum, seperti dilaporkan oleh media pemerintah Xinhua China.

Menteri pertahanan China pada tahun-tahun sebelumnya telah menyampaikan pidato kunci forum tetapi Li Shangfu dipecat sebagai menteri pertahanan pekan lalu tanpa alasan dan belum ada penggantinya.

Reuters melaporkan bulan lalu bahwa Li, yang telah menghilang selama dua bulan, sedang diselidiki atas korupsi.

China dan AS tidak memiliki komunikasi militer-ke-militer tingkat tinggi sejak Li yang disetujui Washington diangkat pada Maret. (Gud)