tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Resmi Buka KTT ke-43 ASEAN, Presiden Jokowi Sambut Tamu Undangan


PRAKATA.COM - Jakarta Convention Center (JCC) menjadi saksi sejarah berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN dan KTT Lainnya, Selasa (05/09/2023). Acara ini dihadiri oleh para pemimpin negara anggota ASEAN dan negara undangan, seperti Bangladesh, Kepulauan Cook, dan Filipina.


Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selaku tuan rumah membuka secara resmi KTT ke-43 ASEAN dengan mengucapkan selamat datang kepada para tamu yang hadir. Presiden juga menyampaikan rasa bangga dan cinta terhadap keluarga besar ASEAN.


"Saya yakin tidak hanya Indonesia, tapi seluruh negara anggota ASEAN memiliki rasa kebanggaan yang sama, memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap keluarga yang kita beri nama ASEAN," kata Presiden dalam pidatonya.


Upacara pembukaan KTT ke-43 ASEAN diisi dengan penampilan seni dan budaya yang menggambarkan persatuan dan pertumbuhan ASEAN. Para pemimpin ASEAN juga melakukan sesi foto bersama dengan pose jabat tangan khas ASEAN "ASEAN-way".


Selain itu, Presiden Jokowi juga menyerahkan penghargaan ASEAN Prize 2022 dan 2023 kepada dua tokoh yang berjasa dalam bidang sosial dan lingkungan. Penerima penghargaan tersebut adalah Nguyen Thi Tuyet Minh dari Vietnam dan Muhammad Iqbal Fakhri bin Haji Damit dari Brunei Darussalam.


KTT ke-43 ASEAN dan KTT Lainnya merupakan agenda penting bagi Indonesia dan kawasan untuk membahas berbagai isu strategis, seperti pandemi COVID-19, perubahan iklim, kerja sama ekonomi, dan perdamaian regional. KTT ini juga menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkuat peran dan pengaruhnya sebagai negara anggota pendiri ASEAN. (foc/aha)