tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

DKP Kota Tangerang Ajarkan Pelajar Olah Pangan Lokal


PRAKATA.COM - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggelar pelatihan pengolahan pangan berbasis sumber daya lokal kepada pelajar di Kota Tangerang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan lokal dan mengenalkan makanan olahan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).


Pelatihan ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kota Tangerang, Kamis (7/9/2023). Sebanyak 25 siswa kelas dua dan tiga mendapat kesempatan untuk belajar langsung dari Chef Tarudin, yang berpengalaman dalam mengolah pangan lokal B2SA. Mereka belajar membuat menu kekinian dari ubi dan daun kelor, seperti Ayam Gulung Daun Kelor dan Gnocchi Ubi Ungu Aglio Daun Kelor.


Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun, mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari program pembinaan pangan lokal yang telah dilakukan sejak 2022. Ia menyebutkan bahwa sejauh ini sudah ada 24 sekolah tingkat SMP yang mendapat pelatihan serupa. Ia berharap bahwa pelatihan ini dapat menumbuhkan minat dan kreativitas pelajar dalam mengolah pangan lokal yang mudah didapatkan dan dibudidayakan.


"Kami ingin mengenalkan kepada anak-anak muda khususnya di tingkat SMP, bagaimana mengolah makanan enak dan bergizi. Apalagi ini juga sekaligus mengajarkan kepada mereka tanaman-tanaman pangan lokal yang sebenarnya memiliki kandungan gizi yang bagus, serta dapat dibudidayakan di lingkungan sekitar. Agar nantinya mereka dapat membuat makanan sehat dan bergizi untuk dirinya sendiri, juga keluarganya kelak," ujar Muhdorun.


Muhdorun juga menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai upaya DKP Kota Tangerang untuk turut serta dalam mencegah stunting di Kota Tangerang. Ia mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan olahan pangan lokal B2SA, anak-anak dapat tumbuh sehat dan cerdas sebagai penerus bangsa. (dsw)