tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi Pastikan PPDB Berjalan dengan Kondusif


PRAKATA.COM - Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi Daradjat Kardono pastikan agar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Bekasi berjalan dengan baik dan kondusif.


Menurutnya, pihak legislatif telah melakukan komunikasi dengan Pemkot Bekasi dalam hal ini yakni Dinas Pendidikan Kota Bekasi terkait pelaksanaan PPDB tahun 2023.


"Sudah didiskusikan dengan Dinas Pendidikan agar PPDB tahun ini berjalan dengan baik, dan permasalahan yang terjadi pada periode sebelumnya tidak kembali terjadi tahun ini," katanya, Senin (12/6/2023).


Dengan harapan tersebut, kata dia, maka persiapan pelaksanaan PPDB harus dilakukan dengan matang. Hal yang terpenting adalah agar setiap anak-anak di Kota Bekasi harus bisa belajar dan mendapatkan haknya dalam pendidikan.


"PPDB ini adalah pintu gerbang dalam rangka mencerdaskan kehidupan masyarakat, khususnya warga Kota Bekasi," lanjut Kardono.


Ia menambahkan, sekolah swasta juga agar dapat terlibat dalam proses pendidikan anak-anak di Kota Bekasi. Apalagi, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga bisa digelontorkan bagi sekolah swasta agar menampung siswa dari keluarga tidak mampu.


"Jika semuanya harus ditampung di sekolah negeri juga kan tidak memadai. Maka sekolah swasta juga harus menjadi bagian yang terlibat dalam (pemenuhan) pendidikan anak-anak di Kota Bekasi," harap dia.


Sekolah swasta, lanjutnya, juga banyak diantaranya telah menerapkan sistem pendidikan yang baik bagi siswanya. Oleh karena itu, sekolah swasta juga bisa menjadi rujukan bagi orang tua siswa yang ingin menyekolahkan buah hati mereka.


Di sisi lain, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini melihat ada sisi positif dengan adanya kebijakan merger sekolah negeri. Apalagi, beberapa sekolah yang dimerger memang tidak memenuhi kuota siswa untuk dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar.


"Secara umum saya tidak keberatan dengan dilakukannya merger ini, saya rasa ini salah satu inisiatif untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar di Kota Bekasi," pungkasnya. (Gud)