tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Banggar Soroti Temuan BPK RI Rp20,5 Miliar, Terbesar di Dinas Pendidikan

Anggota DPRD Kota Bekasi, Dariyanto.
Prakata.com -  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bekasi menyoroti banyaknya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dalam pemeriksaan LKPD TA 2023 Pemerintah Kota Bekasi. Anggota Banggar DPRD Kota Bekasi, Dariyanto mempertanyakan temuan BPK di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nilai cukup fantastis.

"Kenapa sampai terjadinya demikian di Dispora, Disdik, Bapenda, LH dan Disdagperin. Intinya temuan yang mencapai 20,5 miliar itu ada di Lima Dinas," kata Dariyanto saat di temui di Gedung DPRD Kota Bekasi, Kamis (4/7/2024).

Seperti diketahui, hasil pemeriksaan BPK terkait LKPD TA 2023 Pemkot Bekasi beberapa temuan terkait pengadaan barang dan jasa diantaranya adalah Bapenda Kota Bekasi dengan nilai temuan Rp 3,2 miliar lebih, Dinas Lingkungan Hidup dengan nilai temuan Rp563,6 juta. 

Selanjutnya, Dinas Pendidikan Kota Bekasi dengan nilai temuan Rp7 miliar lebih, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bekasi dengan nilai temuan Rp4,7 miliar dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kota Bekasi dengan nilai temuan Rp4,9 miliar lebih.

Namun demikian, kata Dariyanto Pemerintah Kota Bekasi telah berkomitmen dan juga membuat pernyataan terkait temuan itu untuk mengembalikan  sampaikan batas waktunya tanggal 20 Juli paling lambat sudah selesai.

"Kemarin pun sudah ada kesanggupan secara tertulis oleh lima OPD yang ada temuan kerugian," ujarnya.

Politisi Partai Golkar dalam rapat  Paripurna tadi telah menyampaikan kepada Inspektorat agar membuat warning sistem, agar jangan sampai dari perencanaan dan pengawasannya kurang.

"Kita sebagai anggota DPRD juga ada fungsi pengawasannya, kalau masalah pengadaan dan lain-lain bukan di kita, tetapi adanya di Inspektorat. Makanya kita minta hal tersebut dari Banggar supaya itu menjadi perhatian khusus Inspektorat agar temuan-temuan yang ada bisa teratasi," pungkasnya. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel