tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Iwan Kurniawan Berhasil Turunkan Inflasi Dalam Enam Bulan Masa Tugasnya Sebagai Pj Bupati

Inflasi Mei 2024.
Prakata.com - Baru enam bulan bertugas di Kabupaten Lebak, Banten, Penjabat (Pj) Bupati Lebak, Iwan Kurniawan berhasil turunkan inflasi di wilayahnya. Tingkat inflasi di kabupaten Lebak pada awal tahun, bulan Januari 2024 tercatat 4,14 persen.

Iwan Kurniawan, pada Senin (3/6/2024) kepada awak media mengatakan, berbagai terobosan yang dilakukannya untuk menurunkan inflasi tidak lepas dari instruksi dan arahan yang diterimanya dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Sesuai arahan pak Mendagri (Tito Karnavian-red), begitu dilantik pada 3 November 2023 menjadi Pj Bupati, saya langsung menghimpun berbagai informasi dan data, termasuk soal ekonomi dan inflasi," kata Iwan.

Dengan berbagai terobosan di bidang ekonomi yang dikomandoi Pj Bupati Lebak, terjadi penurunan inflasi setiap bulannya. Pada bulan Februari, inflasi di Lebak turun menjadi hanya 3,76 persen. Pada bulan Maret, inflasi kembali turun menjadi 3,2 persen.

Pada bulan April, inflasi semakin berhasil diturunkan menjadi hanya 3,06 persen. Tak puas hanya sampai di situ, pada bulan Mei 2024, inflasi di Lebak semakin berhasil diturunkan menjadi hanya 2,10 persen.

Tingkat inflasi di Kabupaten Lebak ini lebih baik ketimbang inflasi Nasional pada bulan Mei yang tercatat  2,84 persen dan inflasi provinsi Banten 2,86 persen.

Capaian menurunkan inflasi ini berhasil dilakukan Pemkab Lebak dengan Gerakan Pasar Murah (GPM) dan  bazaar yang gencar dilakukan Pemkab Lebak di setiap kecamatan.

Selain itu Pemkab Lebak juga menggelar Gebyar Klasik (Kolaborasi  Atasi Stunting, Inflasi dan Kemiskinan Ekstrim) yang sangat membantu meningkatkan perekonomian warga miskin di enam kecamatan dengan sasaran 10 desa..

Iwan Kurniawan menambahkan, dirinya  akan terus membuat inovasi agar berbagai persoalan yang ada di Lebak bisa ditangani.

"Pak Mendagri mengintruksikan kepada para PJ Kepala daerah untuk melakukan inovasi, agar percepatan pembangunan bisa terlaksana," pungkasnya. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel