tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Penuhi Stok Darah di Jakarta, PMI Jakarta Pusat Kejar Target Pengumpulan 1.000 Kantong Darah dalam Dua Hari

Kegiatan Ayo Donor Darah, Semarak 1000 Kantong Darah oleh Pemkot Administrasi Jakpus dan PMI.
Prakata.com - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama Palang Merah Indonesia (PMI) berkolaborasi untuk mengumpulkan 1.000 kantong darah selama dua hari pada 28-29 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi stok darah di Jakarta.

Donor darah dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP), dan masyarakat umum.

Kegiatan donor darah ini bertajuk “Ayo Donor Darah, Semarak 1000 Kantong Darah” dan merupakan yang pertama kali dilakukan oleh PMI Jakarta Pusat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Jakarta.

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin, berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. "Antusiasnya kita lihat lumayan tinggi pada donor darah kali ini, dari pagi sudah banyak antrean mulai dari ASN, PJLP, PPSU dan masyarakat Jakarta Pusat," katanya di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2024).

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi, menjelaskan bahwa kebutuhan darah di DKI Jakarta mencapai 1.000 hingga 1.200 kantong darah sehari. Oleh karena itu, kegiatan donor darah ini diharapkan dapat menjaga stok darah di Jakarta.

PMI Jakarta Pusat tidak memasang target untuk jenis golongan darah, dan darah yang terkumpul akan langsung dilakukan pengecekan sebelum didistribusikan dengan aman. Waktu yang diperlukan dari pengambilan darah hingga bisa digunakan adalah 10 hingga 24 jam.

 "Nanti akan diproses juga. Dan jika ada darah yang berhubungan dengan penyakit akan dimusnahkan dan pendonornya akan diberitahu supaya bisa konsultasi kesehatan," kata Rustam.

Ketua PMI Jakarta Pusat, Asep Juanda, menyebutkan bahwa untuk mencapai 1.000 kantong darah, dibutuhkan pendonor yang melebihi kebutuhan. Para ASN hingga PPSU juga berpartisipasi dalam kegiatan ini, seperti yang diakui oleh petugas PPSU, Sudiatno, yang telah melakukan 48 kali donor darah. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel