tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

PDI Perjuangan Pertimbangkan Anies-Ahok Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024

Foto Pasangan Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang ramai beredar di media sosial X. @AniesBasukiDKI
Prakata.com - Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, mengungkapkan bahwa partainya sedang dalam tahap evaluasi terhadap berbagai nama tokoh yang diajukan untuk dijadikan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada serentak 2024.

Hasto memberikan pernyataan tersebut sebagai respons atas pertanyaan mengenai kemungkinan PDI Perjuangan menominasikan dua eks gubernur DKI Jakarta, yaitu Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

“Kami sedang mempertimbangkan berbagai nama yang diajukan dari berbagai daerah. Mohon pengertiannya, kami belum dapat mengumumkan nama-nama tersebut karena masih dalam tahap evaluasi,” ujar Hasto di Posko Pemenangan, Jakarta, pada Senin (6/5/2024) malam.

Hasto tidak menampik bahwa Ahok dan Anies adalah dua dari banyak tokoh yang diajukan kepada PDI Perjuangan untuk dijadikan pemimpin daerah di Jakarta.

Dia berpendapat bahwa mereka adalah figur yang mencerminkan karakteristik Indonesia.

“Sebagai partai demokrasi dengan karakteristik Indonesia, nama-nama tersebut diajukan dari basis kami,” kata Hasto.

Politisi asal Yogyakarta ini menjelaskan bahwa proses penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan diusung PDI Perjuangan melibatkan usulan dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

Oleh karena itu, proses penjaringan calon gubernur dan wakil gubernur masih berlangsung di tingkat provinsi.

Hasto menambahkan bahwa partai dengan lambang banteng moncong putih ini akan terus melakukan penjaringan nama-nama calon yang akan diusung dalam Pilkada serentak 2024.

“Kami terus melakukan evaluasi terhadap nama-nama calon gubernur di berbagai wilayah yang menjadi pusat perhatian publik, seperti Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Utara, termasuk Papua dan Aceh,” tutup Hasto. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel