tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Gerindra Siapkan Dua Kader Terbaik untuk Pilkada Kota Semarang 2024

Ketua Desk Pilkada DPC Partai Gerindra Kota Semarang Joko Santoso (dua dari kiri) bersalaman dengan Yudi Indras Wiendarto (dua dari kanan), salah satu kader internal yang diproyeksikan maju pada Pilkada Kota Semarang 2024.

Prakata.com - DPC Partai Gerindra di Semarang telah memilih dua anggota internal untuk diuji berdasarkan kapabilitas, kesiapan, motivasi, dan semua aspek lainnya untuk maju dalam Pilkada Semarang 2024.

“Kami tidak membuka pendaftaran secara publik. Kami mengundang kader internal yang kami anggap berpotensi untuk maju dalam pilkada,” ujar Ketua Desk Pilkada DPC Partai Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso, di Semarang pada hari Senin (13/5/2024).

Hingga saat ini, dua kader internal telah diundang, yaitu Mualim, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, dan Yudi Indras Wiendarto, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng.

Menurut Joko, mereka telah melakukan penilaian terhadap kesiapan dan kapabilitas kedua kader internal tersebut untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi daerah yang diadakan setiap lima tahun sekali.

Namun, Joko juga menyatakan bahwa mereka terbuka untuk kandidat dari luar partai yang ingin maju melalui Gerindra, karena beberapa tokoh telah berkomunikasi dengan pimpinan partai berlambang burung garuda tersebut.

“Kami juga mengundang kandidat dari luar yang mungkin ingin berkoalisi atau menggunakan Gerindra sebagai kendaraan politik mereka. Pak Iswar (Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminuddin) adalah yang pertama kami undang,” katanya.

Setelah itu, menurutnya, ada beberapa tokoh lain yang diundang dengan total 11 orang, termasuk Soemarmo (mantan Wali Kota Semarang), Hevearita Gunaryanti Rahayu (petahana), dan Yoyok Sukawi (CEO PSIS Semarang).

Dari semua nama tersebut, baik kader internal maupun eksternal, akan diproses dan diseleksi oleh tim untuk kemudian ditentukan dan diajukan kepada DPD Partai Gerindra Jateng.

“Proses ini terus berkembang, diskusi dari DPD tentang kapan memberikan rekomendasi. Nanti akan dibuat rekomendasi awal dan rekomendasi akhir. Kami meminta waktu dua minggu,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Yudi Indras Wiendarto, mengakui bahwa ia telah menerima undangan dari DPC, khususnya Desk Pilkada, untuk membahas proyeksi Pilkada Kota Semarang 2024.

“Kami hanya berdiskusi. Tentu saja, sebagai partai politik, kami memiliki peran penting dalam bagaimana Gerindra bisa menang dalam Pilkada Kota Semarang. Ini baru tahap persiapan, kami baru membahas strategi tentang peta Pilkada Kota Semarang,” katanya.

Sebagai salah satu kader yang dipertimbangkan oleh Desk Pilkada untuk diusung dalam Pilkada Kota Semarang 2024, Yudi mengaku siap untuk tugas apa pun dari partai yang tentunya telah dipertimbangkan dengan matang.

“Kami masih melihat situasi hari ini. Jika kader Gerindra bisa didorong untuk menjadi wali kota, ya, kami akan maju. Jika cukup untuk menjadi wakil, kami harus menerima. Ini adalah hal yang realistis dalam proses Pilkada,” tutupnya. (Jiz)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel