tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Tips Mudik Aman untuk Ibu Hamil, Cara Mencegah Pegal dan Bengkak

Ibu Hamil. Foto: Net.
Prakata.com - Dalam sebuah diskusi media di Jakarta, dr. Dewita Nilasari, seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Rumah Sakit Pelni, menekankan pentingnya ibu hamil untuk mengubah posisi duduk mereka setiap dua jam saat melakukan perjalanan jauh.

“Amannya dua jam kalau duduk, kalau di mobil kan memang terbatas ruang geraknya. Jadi kalau misal tadinya duduk condong ke kanan, bisa bergeser sedikit ke arah lainnya jangan di tempat yang sama terutama dari panggul ke bawah sampai kaki,” kata dr. Dewita Nilasari, di Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Menurut dr. Dewita, ruang gerak di dalam mobil sangat terbatas. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengubah posisi duduk mereka, misalnya dari condong ke kanan menjadi ke arah lain, terutama dari panggul ke bawah sampai kaki.

Dr. Dewita juga menyarankan agar setiap anggota keluarga memahami bahwa ibu hamil memerlukan lebih banyak ruang atau tempat duduk yang lebih luas. Hal ini sangat membantu dalam mencegah risiko kaki bengkak, kesemutan, atau pegal-pegal.

Selama berada di dalam mobil, ibu hamil sebaiknya duduk di bangku tengah untuk mendapatkan ruang gerak yang lebih luas. Selama duduk, ibu hamil harus melakukan peregangan posisi badan dengan bergerak ke kanan atau ke kiri. Mereka juga dapat meluruskan kaki mereka beberapa saat untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan.

Jika ibu hamil melakukan perjalanan dengan pesawat, dr. Dewita menyarankan mereka untuk berjalan ke arah kamar mandi untuk melakukan peregangan tubuh. Hal yang sama juga dapat dilakukan di kereta, di mana anggota keluarga dapat menemani ibu hamil berjalan-jalan di koridor atau berkunjung ke restoran atau kantin yang tersedia dan kamar mandi di gerbong terdekat.

Dr. Dewita menambahkan, jika ibu hamil berada dalam posisi yang sama selama lebih dari dua jam, mereka bisa merasa tertekan. Hal ini dapat mengakibatkan keluhan pegal dan kesemutan karena peredaran oksigen berkurang.

“Kalau sudah lebih dari dua jam dalam posisi yang sama, itu ibu bisa tertekan. Akan ada keluhan pegal, karena peredaran oksigen berkurang, jadi keluhannya pegal-pegal dan kesemutan,” jelas dia. (Ana)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel