tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Sepeda Motor Dominasi Arus Mudik Lebaran di Jalur Puncak Bogor, Capai 168.471 Kendaraan

Pemudik dengan mengendarai sepeda motor melintas di Jalur Puncak Bogor.
Prakata.com – Jalur Puncak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dipenuhi oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pada periode Kamis 4 April hingga Minggu 7 April, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor mencatat sebanyak 168.471 kendaraan melintas di jalur tersebut.

“Sepeda motor menjadi kendaraan dominan yang melintas,” kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama saat diwawancara oleh ANTARA di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada hari Minggu.

Polres Bogor memperkirakan puncak arus mudik di Jalur Puncak Kabupaten Bogor akan terjadi pada Minggu, 7 April. Untuk mengantisipasi ini, Polres Bogor telah menyiapkan berbagai pengaturan lalu lintas, termasuk penyiapan personel dan sarana pendukung.

Beberapa rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan, seperti penerapan aturan ganjil-genap, penerapan sistem satu arah di jalur puncak, dan penerapan kontra flow dari exit tol Ciawi hingga KM 45 berdasarkan kondisi di lapangan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan bahwa sekitar 28,4 juta orang akan meninggalkan kawasan Jabodetabek. Dari jumlah tersebut, sekitar 14,6 persen atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek diharapkan akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

Ini menunjukkan adanya peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran di 2024, yang jika dibandingkan dengan tahun 2023, peningkatannya mencapai 45,8 persen atau 123 juta orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik tersebut, Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait dalam mempersiapkan segala aspek operasional dan regulasi untuk mengendalikan pengaturan lalu lintas moda transportasi. (gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel