tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jasa Marga Tawarkan Diskon 20 Persen untuk Perjalanan Mudik-Balik Jakarta-Semarang

Gerbang Tol Cikampek Utama.
Prakata.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan rencana memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk rute Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Semarang dan sebaliknya selama periode mudik dan balik Lebaran 1445H / 2024. 

Diskon ini berlaku untuk tarif tol di bawah manajemen Jasa Marga Group, termasuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek & Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Diskon ini akan diberlakukan mulai dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang selama arus mudik, dan sebaliknya selama arus balik.

Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, menjelaskan bahwa penerapan diskon tarif tol ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi distribusi lalu lintas dan mencegah penumpukan kendaraan pada tanggal-tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik.

Lisye menambahkan bahwa pemberian diskon ini merupakan bagian dari komitmen Jasa Marga untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan prinsip Environment, Social and Governance (ESG), dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kami memperkirakan pada puncak arus mudik, yaitu H-4 atau Sabtu, 6 April 2024, akan ada sekitar 259 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta, meningkat 0,03 persen dibandingkan Lebaran 2023 dan 66,8 persen dibandingkan hari biasa," ujar Lisye.

Sementara itu, lanjutnya, pada puncak arus balik, yaitu H+4 atau Senin, 15 April 2024, diperkirakan akan ada 300 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta, meningkat 13,2 persen dibandingkan Lebaran 2023 atau 131 persen dibandingkan hari biasa. Oleh karena itu, diskon tarif tol akan diberikan di luar waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik tersebut agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik.

Mengingat lonjakan mobilitas masyarakat pada musim mudik Lebaran tahun ini yang diperkirakan lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Lisye berharap diskon tarif tol ini dapat menjadi daya tarik dan acuan bagi masyarakat yang memiliki fleksibilitas waktu untuk mengatur jadwal perjalanan mudik lebih awal dan perjalanan balik lebih akhir, sehingga dapat memanfaatkan diskon tarif tol.

Teknis pemberlakuan diskon tarif tol ini berlaku untuk semua golongan kendaraan dan hanya untuk kendaraan yang berasal dari GT Cikampek Utama dan melakukan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang selama periode arus mudik, yaitu mulai Rabu, 3 April 2024, pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Sementara itu, untuk arus balik, diskon tarif tol hanya berlaku untuk kendaraan yang berasal dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan melakukan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Rabu, 17 April 2024, pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

“Diskon tarif ini hanya berlaku untuk pengguna jalan yang melakukan pembayaran menggunakan uang elektronik. Oleh karena itu, kami mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan segala kebutuhan sebelum melakukan perjalanan, seperti memastikan saldo uang elektronik dan BBM cukup, serta memastikan kondisi kendaraan dan pengemudi dalam keadaan optimal,” tutup Lisye. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News