tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Indonesia Usung Inovasi Pendanaan Infrastruktur Air di 10th World Water Forum

10th World Water Forum.
Prakata.com - Dalam World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan berlangsung di Bali pada 18-25 Mei 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia berkomitmen untuk mendorong inovasi dalam pendanaan berkelanjutan untuk infrastruktur air bersih dan sanitasi di Indonesia.

"Indonesia, melalui Kementerian PUPR, harus berjuang dalam World Water Forum untuk layanan air bersih dan sanitasi, termasuk pengembangan infrastruktur dengan mendorong inovasi pendanaan berkelanjutan dan dukungan teknis, untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur air bersih dan sanitasi di Indonesia," kata Firdaus Ali, Staf Khusus Menteri PUPR Bidang Sumber Daya Air, di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Dia menambahkan bahwa upaya lain yang perlu diperjuangkan adalah peningkatan kualitas air dengan mendorong inisiatif untuk peningkatan kualitas sumber air melalui teknologi pengolahan air yang lebih efektif.

Selain itu, pentingnya edukasi dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air dan sanitasi, mulai dari rumah tangga, sekolah, dan komunitas, juga perlu ditekankan.

Dia juga menyoroti kebutuhan untuk advokasi pembentukan atau penguatan regulasi yang mendukung pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan, termasuk pengelolaan limbah.

Sebagai catatan, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10, yang merupakan yang pertama di kawasan Asia Tenggara dan akan berlangsung di Nusa Dua, Provinsi Bali, oleh World Water Council (WWC), dianggap sebagai bukti kepercayaan lembaga internasional terhadap negara ini.

Forum internasional ini mencakup tiga pendekatan, yaitu Thematic Process yang memberikan landasan substantif pada isu atau permasalahan air, Regional Process yang memberikan perspektif tentang air dari semua region, serta Political Process yang menyediakan platform untuk berdiskusi dengan pemangku kepentingan.

Para ahli juga akan hadir dan akan ada 280 sesi. Di sana juga akan ada sesi bagi generasi muda untuk berpartisipasi dan berperan dalam pengelolaan air.

World Water Forum membahas tentang pentingnya air bagi kehidupan masyarakat secara global dan mempertemukan berbagai sektor seperti pangan, energi, lingkungan, kesehatan sesuai dengan tema yang diangkat pada World Water Forum 2024 yaitu Water for Shared Prosperity atau Air Untuk Kemakmuran Bersama. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel