tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Unik, Ada Sauna Tradisional Gratis di Tangerang: Hasil Inovasi KWT Mina Lestari

Seorang pria sedang menikmati sauna tradisional gratis hasil inovasi KWT Mina Lestari.
PRAKATA.COM - Di Tangerang, terdapat sebuah kelompok yang bernama Kelompok Wanita Tani (KWT) Mina Lestari yang berlokasi di RW 012, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas. Mereka menawarkan sebuah fasilitas unik yaitu "Leuhang", sebuah terapi uap atau sauna tradisional yang menggunakan berbagai rempah-rempah. Yang menarik, fasilitas ini bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar tanpa biaya apapun.

Tina Maretina, Ketua KWT Mina Lestari, menjelaskan bahwa Leuhang adalah sebuah metode pengobatan yang memanfaatkan uap dari rebusan rempah-rempah. Fasilitas ini dibangun pada tahun 2022 dengan dana swadaya dari masyarakat.

"Kami di KWT Mina Lestari memiliki banyak tanaman obat keluarga. Dari sinilah ide untuk membuat terapi sauna Leuhang muncul, karena kami bisa memanfaatkan tanaman herbal yang kami tanam," jelas Tina saat diwawancarai pada Senin (4/3/2024).

Leuhang menggunakan berbagai tanaman herbal seperti serai merah, daun jeruk, daun kayu putih, jahe, daun sirsak, daun salam, daun alpukat, daun pandan wangi, daun cengkeh, dan kayu manis yang direbus selama 30 menit. Uap yang dihasilkan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

"Prinsip kerjanya mirip dengan sauna pada umumnya yang ada di salon, yaitu memanfaatkan uap dari rebusan tanaman herbal. Warga cukup duduk di ruangan yang disediakan selama 10 menit atau lebih, ini sebagai salah satu metode penyembuhan holistik," ungkap Tina.

Leuhang biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar setelah berolahraga di pagi hari, atau bahkan setelah beraktivitas di sore hingga malam hari. Terapi ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

"Masyarakat bisa datang langsung ke KWT Mina Lestari, Jalan Mina Raya II RW 012, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, kapan saja karena kami selalu berjaga hampir 24 jam setiap harinya. Untuk informasi lebih lengkap, bisa kunjungi instagram kami @kwt_mina," tutup Tina. (Ana)

Ikuti Berita Terbaru di Google News