tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Bantul Tampil sebagai Kabupaten Kriya Kreatif di Pameran JIFFINA 2024

Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (JIFFINA) di Jogja Expo Center Banguntapan, Bantul.
PRAKATA.COM - Abdul Halim Muslih, Bupati Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, menyampaikan bahwa pameran JIFFINA (Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia) yang berlangsung di Jogja Expo Center Banguntapan, 2-5 Maret 2024, dapat menegaskan posisi daerah ini sebagai kabupaten kriya kreatif yang unggul di Indonesia.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Bantul sangat mengapresiasi event internasional ini sekaligus menampilkan bahwa Bantul adalah kabupaten kriya kreatif yang handal di Indonesia," ujar Bupati Bantul dalam keterangannya saat hadir di pameran JIFFINA, di Bantul, Minggu (3/3/2024).

Ia menambahkan, apalagi Kabupaten Bantul sebagai salah satu daerah yang memiliki pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terbanyak di DIY ini ikut ambil bagian dalam pameran internasional yang diselenggarakan setiap beberapa tahun sekali itu.

"Pameran furniture dan craft berskala internasional yang digelar pada 2 sampai 5 Maret 2024 diikuti oleh banyak sekali pengusaha craft dan mebel, tidak hanya dari Bantul dan Daerah Istimewa Yogyakarta, tapi juga dari berbagai wilayah di Indonesia," tuturnya lagi.

Selanjutnya Bupati menyatakan, pameran JIFFINA tahun 2024 dengan mengangkat tema "The Eco lifestyle Inspiring Forever" itu juga sekaligus merupakan bagian dari rangkaian pameran furniture negara-negara ASEAN.

"Pemkab Bantul mendukung sepenuhnya kegiatan JIFFINA, karena kerjasama yang dibina antara pemerintah dengan pelaku usaha kreatif dalam gelaran pameran dapat meningkatkan UMKM dan gerak roda perekonomian yang berasal dari industri kreatif," ucapnya lagi.

Bupati juga mengungkapkan, acara tahunan tingkat internasional ini juga seolah-olah menjadi lokomotif yang bisa menarik perkembangan industri furniture dan craft di Indonesia, sehingga pemerintah dapat melaksanakan kegiatan yang penting dalam kemajuan industri kreatif.

"Terutama industri furniture dan craft. Lagipula, JIFFINA ini dapat disebut sebagai salah satu lokomotif dalam perkembangan mebel dan kerajinan di Indonesia," pungkasnya. (Ana)

Ikuti Berita Terbaru di Google News