tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Bank Indonesia Dorong Digitalisasi dengan QRIS untuk Penukaran Uang Lebaran 2024 di Jawa Timur

Transaksi menggunanakan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris).
Prakata.com - Guna memperkuat digitalisasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) di Provinsi Jawa Timur mendorong masyarakat untuk memanfaatkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) saat melakukan penukaran uang baru menjelang Lebaran 2024.

Erwin Gunawan Hutapea, Kepala KPw BI Jatim, menekankan bahwa penggunaan QRIS tidak hanya memudahkan proses penukaran uang, tetapi juga berperan dalam meningkatkan mitigasi risiko.

“Jika masyarakat membawa paket uang sebesar Rp4.000.000 untuk ditukarkan, akan lebih baik dan aman jika disimpan di dompet digital atau rekening bank dan ditukarkan menggunakan QRIS,” katanya saat acara layanan penukaran terpadu SERAMBI 2024 di sebuah mal di Surabaya, Sabtu (30/3/2024).

Pada acara penukaran tersebut, KPw BI menyediakan 3.000 paket untuk masyarakat yang telah mendaftar melalui aplikasi PINTAR yang disediakan oleh Bank Indonesia. Hutapea mengingatkan masyarakat untuk melakukan penukaran uang hanya pada layanan resmi untuk menghindari risiko mendapatkan uang palsu dan biaya tambahan.

Dengan kerjasama dari 14 bank di Jawa Timur, Hutapea berharap layanan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. “Ini adalah bentuk komitmen dan dukungan dari Bank Indonesia dan seluruh perbankan untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Jawa Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Karina Ayu Saraswati, seorang warga Demak, Surabaya, mengungkapkan kenyamanannya menggunakan QRIS karena lebih praktis. “Saya biasa menggunakan QRIS dalam kehidupan sehari-hari, tidak ingin repot,” katanya.

Venina Rahayu, warga Grati, Pasuruan, juga memilih untuk menggunakan QRIS saat menukarkan uang baru untuk kebutuhan Lebaran. “Saya tukar menggunakan QRIS, lebih praktis karena hanya perlu melakukan scan,” katanya. Dia mengetahui informasi tentang penukaran uang dari media sosial resmi Bank Indonesia dan berhasil mendapatkan kode booking setelah cepat-cepatan dalam penukaran sejumlah Rp3.000.000. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News