tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Volume Lalu Lintas Transaksi Gerbang Tol Meningkat di Jabotabek, Jabar Menurun

Pantauan udara lalulintas tol Jasa Marga
PRAKATA.COM - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional (JMTR) melaporkan adanya kenaikan volume lalu lintas transaksi gerbang tol di ruas tol Jabotabek dan penurunan di ruas tol Jawa Barat pada hari terakhir libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024, yaitu pada 11 Februari 2024.

Menurut Panji Satriya, Marketing and Communication Department Head JMTR, volume lalu lintas transaksi gerbang tol di Jabotabek mencapai 159.160 kendaraan, naik 5,36% dari volume normal sebesar 151.066 kendaraan. Kenaikan terbesar terjadi di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 Jalan Tol JORR E, yang mencatat 40.512 kendaraan, naik 52,93% dari volume normal sebesar 26.490 kendaraan.

"Kenaikan volume lalu lintas transaksi gerbang tol di Jabotabek ini menunjukkan adanya arus balik dari masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar kota selama libur panjang," ujar Panji dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/2/2024).

Sementara itu, volume lalu lintas transaksi gerbang tol di ruas tol Jawa Barat mencapai 248.848 kendaraan, turun 3,09% dari volume normal sebesar 256.791 kendaraan. Penurunan terbesar terjadi di GT Cileunyi Jalan Tol Padaleunyi, yang mencatat 49.543 kendaraan, turun 17,29% dari volume normal sebesar 59.902 kendaraan.

"Penurunan volume lalu lintas transaksi gerbang tol di ruas tol Jawa Barat ini menunjukkan adanya penyebaran masyarakat yang melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Jawa Barat, seperti Bandung, Rancaekek, Garut, dan sekitarnya," kata Panji.

Panji mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan, seperti memastikan kondisi kendaraan, pengemudi, BBM, dan saldo e-toll. Ia juga mengingatkan agar pengguna jalan tol menggunakan satu e-toll yang sama untuk bertransaksi di gerbang tol masuk dan keluar, terutama di ruas tol dengan sistem transaksi tertutup.

"Saya harap berita ini sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika ada saran atau kritik, silakan beritahu saya. Terima kasih telah menggunakan layanan Copilot," tutup Panji. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News