tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

TPS Valentine yang Unik, Suasana Pencoblosan dengan Pakaian Adat di Blora

Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban.
PRAKATA.COM – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemungutan suara, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, melakukan hal unik.

Mereka menghias Balai Desa yang menjadi lokasi TPS dengan nuansa Valentine, dengan bunga-bunga yang indah seperti pesta remaja. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan hari kasih sayang yang jatuh pada hari yang sama.

Namun, mereka tidak melupakan semangat nasionalisme, dengan menerapkan konsep Bhinneka Tunggal Ika. Semua anggota KPPS memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

“Karena ini hari Valentine atau hari kasih sayang, kami ingin membuat suasana lebih ceria dan menawarkan pemandangan yang berbeda dan menarik. Sehingga masyarakat nyaman. Kami mengusung konsep Bhinneka Tunggal Ika. Semua memakai pakaian adat, termasuk saya memakai pakain lurik,” kata Kepala Desa Ngraho Sri Lestari Indajani, di balai desa tersebut, Rabu (14/2/2024).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, juga mengunjungi TPS 01 Desa Ngraho, didampingi Sekda Blora, Komang Gede Irawadi bersama pimpinan Organisai Perangkat Daerah (OPD, serta jajaran Polres dan Kodim Blora. Selain itu, ada juga monitoring dari jajaran KPU dan Bawaslu Blora serta Forkopimcam Kedungtuban.

“Sampai saat ini, pelaksanaan pemungutan suara berjalan kondusif,” ucap Mbak Etik panggilan akrab wabup.

Ia merasa bahagia, bahkan sempat kaget mendapat hadiah buket coklat dari anggota TPS yang unik ini. “Ini saya dapat hadiah coklat. Karena ini hari Valentine,” tuturnya. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News