tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

PMI Siapkan Posko Kesehatan di Tiap Kecamatan Jelang Pemilu 2024


PRAKATA.COM - Untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada 14 Februari 2024, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara berencana membuka posko siaga kesehatan di semua Kecamatan. Posko ini akan beroperasi selama tiga hari, yaitu dari 13-15 Februari nanti.

Rijal, Ketua PMI Jakarta Utara, menyatakan, posko siaga kesehatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan pada anggota PPK, PPS, dan KPPS yang mungkin mengalami kelelahan, sakit, dan lain-lain.

"Kami merasa perlu melakukan langkah ini untuk mencegah adanya keluhan kesehatan dari petugas atau masyarakat agar dapat segera ditanggulangi," katanya, Senin (5/2/2024).

Rijal menambahkan, selain petugas kesehatan, PMI Jakarta Utara juga akan menugaskan para relawan untuk siaga di posko.

"Kami akan menurunkan sekitar 150 relawan PMI. Setiap posko di tingkat kecamatan akan diisi oleh 10 sampai 20 orang relawan PMI dan petugas kesehatan," jelasnya.

Ia juga mengatakan, kendaraan operasional sebagai fasilitas pertolongan pertama terdiri dari tiga unit ambulans, dua mobil jenazah, empat unit mobil rescue, dan dua sepeda motor juga akan disiagakan.

"Kami juga akan menyiapkan klinik 24 Jam yang berada di Markas PMI Jakarta Utara. Pada H-2 kami akan menyebarkan kartu nama yang berisi nomor telepon crisis center dan posko 24 Jam, 021-43935630 dan 08988669000 atau email sekretariat.pmiju@gmail.com untuk disebar di setiap TPS," ungkapnya.

Rijal menekankan kehadiran PMI Jakarta Utara dalam pesta demokrasi ini menunjukkan bahwa PMI sebagai lembaga kemanusiaan selalu siap untuk mendukung kegiatan-kegiatan pemerintah, TNI, Polri, KPU Bawaslu atau kegiatan masyarakat lainnya.

"Kami berharap semua tahapan Pemilu tahun ini dapat berlangsung dengan lancar, sukses untuk membawa Indonesia lebih baik lagi," pungkasnya.(gud)