tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Lampaui Target, Realisasi Anggaran Daerah Lebak Capai 96,06 Persen di 2023

Persentase realisasi belanja APBD 2023
PRAKATA.COM - Dalam tahun anggaran 2023, Kabupaten Lebak telah menorehkan prestasi yang membanggakan dengan realisasi anggaran yang mencapai 96,06 persen.

Ini merupakan hasil kerja keras pasca pelantikan pada 3 Oktober 2023, dimana pemerintah kabupaten langsung beraksi cepat untuk mendorong penyerapan anggaran di setiap OPD.

Penjabat Bupati Lebak, Iwan Kurniawan, mengungkapkan bahwa Kabupaten Lebak berhasil mencatatkan diri sebagai pemegang rekor tertinggi realisasi anggaran di Provinsi Banten dan berada di peringkat ke-18 dari 375 kabupaten/kota se-Indonesia. 

"Selama dua bulan, saya secara intensif mengunjungi OPD-OPD untuk memastikan penyerapan anggaran sesuai dengan instruksi Presiden, dengan target minimal sejajar dengan Kemendagri yaitu 95 persen," ujar Iwan. 

"Syukur, dengan realisasi keuangan yang mencapai 96,06 persen, kita telah melampaui target Kemendagri, sebuah pencapaian baru bagi Lebak," tambahnya.

Iwan juga menekankan bahwa meskipun ada peningkatan yang signifikan, masih terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi dan dioptimalkan pada tahun 2024. "Kami menargetkan untuk mencapai 98 persen pada tahun 2024 dan berada di tiga besar secara nasional," tuturnya.

Aad Firdaus, anggota DPRD Lebak, memberikan apresiasi atas capaian serapan anggaran yang telah dicapai Pemkab Lebak. 

"Serapan anggaran yang telah mencapai 96,06 persen memang patut diacungi jempol. Namun, kami berharap agar capaian ini dapat ditingkatkan lagi di tahun anggaran mendatang, seiring dengan peningkatan kinerja pemerintah daerah," pungkasnya. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News