tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jasa Marga Tutup Akses Proyek Stasiun Kereta Cepat Halim

Akses proyek menuju stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim yang berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 00+850 A
PRAKATA.COM - Jasa Marga mengumumkan penutupan permanen akses proyek menuju stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim yang berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 00+850 A mulai 18 Februari 2024. Penutupan ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol.

Akses proyek tersebut sebelumnya digunakan oleh kendaraan dan pekerja proyek selama masa pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang kini telah beroperasi sejak 2 Oktober 2023. Stasiun Halim menjadi stasiun pertama dari empat stasiun yang melayani rute kereta cepat Whoosh yang dioperasikan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

"Kami melakukan penutupan akses proyek ini karena masa pembangunan sudah selesai dan kami ingin mengembalikan kondisi jalan tol seperti semula. Kami juga sudah berkoordinasi dengan PT KCIC dan Kepolisian untuk menutup akses ini," ujar Widiyatmiko Nursejati, Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/2/2024).

Widiyatmiko menambahkan, Jasa Marga bersama PT KCIC dan Kementerian PUPR sedang menyiapkan akses baru menuju Stasiun Kereta Cepat Halim, yaitu di KM 1+842 Ruas Tol Jakarta-Cikampek. Akses baru ini akan dilengkapi dengan gerbang tol dan sedang dalam tahap perbaikan setelah melalui uji laik fungsi (ULF) oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Kepolisian.

"Kami berharap akses baru ini bisa segera dioperasikan agar pengguna jalan tol yang ingin naik kereta cepat Whoosh bisa lebih mudah dan nyaman. Kami juga akan melakukan relokasi akses contraflow dari KM 00+200 ke KM 01+400 melalui Gerbang Tol Halim 3 Ruas Tol Jakarta-Cikampek menuju Ruas Tol Dalam Kota. Ini untuk menghindari potensi bahaya jika akses proyek di KM 00+850 A masih dibuka," tutur Widiyatmiko.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol untuk memperhatikan rambu-rambu dan petunjuk yang ada di sepanjang jalan tol. Jasa Marga juga mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kerja sama pengguna jalan tol selama proses penutupan akses proyek ini. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News