tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Peluang Emas: Kemenag Buka Seleksi Nasional untuk Madrasah Unggulan

 

Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam

PRAKATA.COM - Kementerian Agama telah membuka pintu bagi calon peserta didik baru untuk mendaftar di madrasah unggulan di seluruh Indonesia melalui Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB).

“Kami mengundang calon peserta didik baru untuk mendaftar di madrasah unggulan kami,” kata Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis. Ramdhani menambahkan bahwa seleksi calon peserta didik akan dilakukan secara ketat untuk memastikan hanya yang terbaik yang akan belajar di 24 MAN Insan Cendikia (Man IC), 11 MAN Program Keagamaan (Man PK), dan dua Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) di seluruh Indonesia.

Menurut Ramdhani, MAN IC adalah madrasah unggulan nasional di bidang sains humaniora yang dibina langsung oleh Kementerian Agama untuk menampung calon peserta didik yang berbakat dan berprestasi. “Kami berharap lulusan MAN IC dapat melanjutkan studi mereka di perguruan tinggi top nasional dan internasional, serta menjadi teknokrat, saintis, dan pemimpin masa depan di bidangnya masing-masing,” kata Ramdhani.

Sementara itu, Ramdhani menjelaskan bahwa MAN PK adalah madrasah unggulan nasional di bidang agama dan keagamaan yang juga dibina langsung oleh Kementerian Agama. Lulusan MAN PK diharapkan mampu menggabungkan keulamaan dan kecendekiawanan. MAN PK diselenggarakan dalam suasana pendidikan yang menggabungkan antara persekolahan dan pondokan untuk memungkinkan belajar 24 jam sehari dengan variasi metodologi pembelajaran," kata dia.

M. Sidik Sisdiyanto, Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, mengatakan bahwa proses pendaftaran SNPDB pada madrasah unggulan akan dibuka mulai tanggal 8 Januari hingga 17 Februari 2024. “Lulusan Pondok Pesantren Muadalah dan santri PDF yang memiliki SK Kemenag RI dapat mendaftar sebagai calon peserta didik baik MAN IC, MAN PK, maupun MAKN seluruh Indonesia,” kata Sidik.

Sidik menambahkan bahwa SNPDB tahun 2024 juga menyediakan jalur prestasi keagamaan. Calon peserta didik dengan kemampuan membaca kitab turats (kitab kuning) dan hafalan Al Quran minimal 15 juz dapat mendaftar di MAN PK. “Jalur prestasi tambahan ini diperuntukkan untuk bisa diterima di MAN PK saja,” kata dia.

Ia berpesan kepada calon peserta didik untuk segera mendaftarkan diri dan memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan layanan pendidikan madrasah yang berkualitas tersebut. Informasi lengkap mengenai SNPDB dapat diakses melalui situs resmi Kementerian Agama RI. (gud)