tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Kementerian Ketenagakerjaan Luncurkan Bulan K3 Nasional 2024 di Smelter PT Freeport Indonesia

 


PRAKATA.COM - Di Gresik, Jawa Timur, Kementerian Ketenagakerjaan telah meluncurkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024 di smelter PT Freeport Indonesia. Menaker Ida Fauziyah mengungkapkan bahwa lokasi ini dipilih untuk menunjukkan komitmen perusahaan dalam melakukan hilirisasi, sekaligus untuk memeriksa penerapan standar K3 di sana.

Tujuan dari peringatan Bulan K3 Nasional di smelter ini adalah untuk memastikan bahwa aspek keselamatan dan kesehatan kerja telah diterapkan dengan baik. Hal ini penting mengingat adanya beberapa insiden kecelakaan kerja di tempat lain yang mungkin menimbulkan persepsi negatif tentang standar keselamatan di smelter.

Dalam kunjungannya, Menaker berkesempatan untuk melihat langsung kondisi di smelter PT Freeport Indonesia yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik. Setelah itu, ia berdialog dengan para pekerja di smelter, khususnya mengenai penerapan K3. Para pekerja menyatakan bahwa standar K3 telah diterapkan dengan baik di smelter tersebut.

David Muktiaji Semarang, salah satu pekerja, mengatakan, “Pelaksanaan K3 sudah bagus. Jika terjadi sesuatu, penanganannya cepat.”

Bulan K3 Nasional dirayakan setiap tahun mulai tanggal 12 Januari hingga 12 Februari. Tema utama tahun ini adalah “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”. Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk terus mengingatkan, mengajak, dan membangkitkan semangat dan budaya penerapan K3 di tempat kerja, yang akan mendorong terciptanya kemandirian berbudaya K3.

Budaya K3 sendiri adalah salah satu prasyarat dalam membentuk ekosistem ketenagakerjaan yang unggul. (gud)